KH.Muzakki Ridlwan Mencetak Penghafal Al-Qur’an dan Mubaligh

0
BhasaFM
KH. Muzakki Ridlwan bersama Ustadz Junaidi Al-Hafidz dalam sebuah acara di Ranurejo Banyuputih Situbondo (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Reporter fakultas dakwah menyempatkan wawancara dengan Ustadz Junaidi Al Hafidz, alumni MQ tahfidz tahun 2009, sekaligus orang yang menemani almarhum almaghfurlah Kyai Haji Muzakki Ridlwan pada detik terakhir sebelum wafat. Wawancara ini mengungkapkan sedikit demi sedikit tentang figur pemangku MQ yang pertama ini. Ustadz Junaidi adalah alumni asal Sapudi, sekarang bermuqim di Bindung desa Sumber Anyar Banyuputih Situbondo.

Kyai Haji Muzakki Ridlwan adalah teladan bagi para santri. Menurut Ustadz Junaidi Al Hafidz, Kyai Muzakki adalah sosok yang sangat baik, mungkin sangat sulit untuk mencari sosok yang persis beliau. Beliau adalah sosok pengayom terutama kepada para alumni khususnya alumni tahfidz, bagaimana hafalan para alumni tetap terpelihara, dan terjaga. Beliau berkeinginan agar alumni tahfidz mempunyai wadah yang berada dibawah naungan iksass alumni. Alhamdulilah terbentuklah organisasi yang diberi nama ijtihad,  ikatan jam’iyyah tahfidz dan dzikrul haddad. Beliau sangat senang dengan terbentuknya organisasi ini. Hal ini pernah beliau ungkapkan, bahwa beliau sangat senang dengan ijtihad, selain sebagai sarana menjaga hafalan, bisa juga menjadi sarana silaturrahim.

BhasaFM
KH. Muzakki Ridlwan dan Ustadz Junaidi Al-Hafidz dalam sebuah acara di Wongsorejo Banyuwangi (foto: Reporter Dakwah)

Kyai Muzakki adalah kyai pembimbing. Menurut Ustadz Junaidi, beliau sering diajak Kyai Muzakki untuk menjadi penceramah. Sebelum beliau naik pentas, mulai dari mobil kyai Muzakki sudah banyak memberi bekal kepadanya, terkait apa yang harus disampaikan kepada para jama’ah, baik pengajian umum, acara penutupan sema’an al-qur’an, khataman, lengkap bersama dalilnya, baik hadist maupun ayat al-qur’an. Ustad Junaidi mengungkapkan bahwa Ia hanya speaker, dan Kyai Muzakki adalah power, dimana speaker tidak akan berbunyi dengan baik tanpa ada power.

Kyai Muzakki Ridlwan adalah sosok yang sangat santun. Beliau mempunyai cara yang sangat santun ketika memanggil para alumni. Ketika para alumni sowan ke kediaman, beliau biasa memanggil para alumni sebagaimana guru kepada santrinya dengan menyebut nama, kacong, junaidi, sujono, wiryono, supardi. Namun ketika beliau ketemu para alumni di acara pengajian, disekitar alumni ada tamu orang lain, atau masyarakat umum, maka beliau biasa memanggil para alumni dengan sebutan ustadz. Itulah contoh yang sangat sulit ditiru. Kadang kita gurau dengan sesama teman yang sudah menjadi tokoh besar tapi kadang tidak bisa membedakan ditempat umum, dan tertutup .

Kyai Muzakki Ridlwan sosok yang istiqomah. Keistiqomahan beliau sangat tampak sekali terutama dalam amaliyah. Ada contoh kecil terkait hal ini. Beliau setiap bepergian, selama berada di mobil, beliau selalu membaca لاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم . bahkan ketika detik terakhir menjelang wafat, beliau sangat jelas sekali, semua yang berada di ruangan tersebut mendengar dengan sangat jelas,  beliau membaca ياارحم الراحمين dan
لاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم . kalau boleh diberi catatan, beliau berwasiat kepada kita agar Istiqomah membaca istighatsah ياارحم الراحمين dan  
لاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم .