Khitobah Asrama Nurul Qoni’ 01

0
BhasaFM
Pembawa Acara dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris dan Arab pada pelaksanaan kegiatan khitobah NQ putra (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Santri asrama Nurul Qoni’ 01 mempunyai tugas pada kegiatan rutin tiap hari Senin malam Selasa yaitu khitobah. Kegiatan ini menampilkan kreativitas santri mulai dari pembawa acara, pembukaan, pembacaan al-Qur’an, sambutan, ceramah agama, hiburan, hingga di akhiri dengan pembacaan do’a.

Kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 10 Pebruari 2020 ini, mulai ba’da sholat Isya’ sampai dengan pukul 21.00, bertempatkan di musholla NQ putra. Asrama NQ nomor satu ini mendapatkan nama lain asrama Syauqil Kutub, karena proses belajar mengajar lebih menekankan pada kemampuan membaca serta memahami kitab kuning. Adapun tema yang diambil adalah hari lahir nahdlatul ulama’.

BACA JUGA :  Santri Gerobak Membaca
BhasaFM
Gus Vikri didaulat sebagai penceramah dalam kegiatan Khitobah NQ putra (foto: Reporter Dakwah)

Khitobah kali ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu pembawa acara diperankan oleh tiga santri yang memiliki kemampuan tiga bahasa. Pembawa acara satu menggunakan bahasa Indonesia, pembawa acara kedua menggunakan bahasa Inggris, pembawa acara ketiga menggunakan bahasa Arab. Hiburan dimeriahkan dengan drama kolosal yang diperankan oleh santri NQ 01.

Mohammad Gus Vikri yang merupakan pengurus asrama NQ 01 menuturkan, bahwa kegiatan khitobah ini menjadi wadah santri untuk menumbuhkan, dan mengembangkan kreativitasnya. Sehingga memungkinkan bagi yang berminat untuk belajar menumbuhkan potensi, dan bagi yang berbakat untuk mengembangkan bakatnya.