Lomba Bilal dan Khotib Jum’at

0
BhasaFM
Dewan juri nampak serius mengikuti perlombaan Bilal dan Khotib Jum'at untuk memberikan penilaian yang obyektif (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Festival santri NQ putra pada hari Sabtu malam Ahad telah memasuki malam keempat. Pada malam kemarin perlombaan yang dilombakan adalah lomba khutbah jum’at. Seperti perlombaan yang lainnya, lomba ini diikuti oleh 12 pasang santri utusan dari setiap kamar NQ putra.

Perlombaan ini mengharuskan para peserta untuk lebih banyak belajar tentang persyaratan khutbah Jum’at. Persyaratan yang dimaksudkan mulai etika pra khutbah, etika membaca khutbah, sampai pada etika pasca khutbah. Baik bilal jum’at maupun khotib Jum’at harus saling menjaga kekompakan. Dewan juri yang bertugas harus cukup jeli dalam memberikan penilaian.

BhasaFM
Sepasang peserta dalam perlombaan Bilal dan Khotib Jum’at saat tampil dalam Fasti NQ (foto: Reporter Dakwah)

Muhammad Yusuf Alfin Munawar, merupakan peserta lomba khutbah Jum’at, menuturkan, bahwa perlombaan ini adalah pengalaman pertama menjadi peserta sebuah perlombaan. Awal tampil memang keluar keringat dingi , tetapi setelah tampil ada kebanggaan tersendiri. Semoga festival santri nurul qoni’ ini bisa dilaksanakan setiap tahun, karena saya merasakan banyak sekali manfaatnya.