Pengajian Budaya Rayon Iksass Nusa Tenggara Barat

0
BhasaFM
pertunjukan pertarungan, adat dari kebiasaan masyarakat suku sasak, Nusa Tenggara Barat (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- 21 September kemarin, tepatnya pada pukul 21.00 WIB, auditorium putra, Aula Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, terlihat ada sebuah acara yang dikemas ke dalam bentuk pengajian , yang diberi nama , pengajian budaya. Kegiatan ini diadakan oleh ikatan santri Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, iksass rayon iksass NTB. Kurang lebih sebanyak 150 audien yang hadir pada acara pengajian itu memberikan sebuah kesan tersendiri bagi para santri warga rayon Iksass NTB.

Selain diberikan materi tentang kebudayaan-kebudayaan asli Nusa Tenggara Barat para audien warga NTB, seluruh yang hadir pada acara ini juga disajikan dengan semacam pertarungan yang mana pertarungan ini merupakan adat dari kebiasaan masyarakat suku sasak yang ada di Nusa Tenggara Barat, yaitu presian yang merupakan seni bertarung asli budaya Nusa Tenggara Barat.        

Lalu Ferdiansyah, yang merupakan koordinator acara ini menuturkan, bahwa  pengajian budaya ini bertujuan untuk menarik minat santri asal NTB untuk bisa mengenal dan aktif dalam segala kegiatan yang diadakan oleh iksass. Menanamkan kepedulian untuk melestarikan budaya daerah, tentunya yang tidak bertentangan, bisa selaras dengan syari’at Islam.