Pengajian Selasaan Bersama KH. Afifuddin Muhajir

0
BhasaFM
Ikhtisar Diskusi Bersama KH. Afifuddin Muhajir (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- KH. Afifuddin Muhajir adalah sosok Kyai yang sangat serius dengan pengajian kitab kuning. Beliau sering merasa sedih ketika pengajian harus libur karena ada jadwal penting yang lain. Pengajian selasaan diadakan tiap hari selasa di dalem beliau, di deretan dalem pengasuh ponpes sukorejo yang paling timur.

Pengajian selasaan pada tanggal 08 Oktober 2019 kitab kuning yang dibaca adalah kitab مالاعين رأت. Terkait dengan dialog  ba’da pengajian, Kyai Afifuddin membebaskan untuk bertanya apa saja. Boleh yang berkaitan dengan kitab yang dibaca, boleh juga pertanyaan di luar itu. Terkadang pertanyaan fiqih, tasawuf, bahkan sampai persoalan politik.

Ikhtisar diskusi dengan  KH.Afifuddin Muhajir pada pengajian selasaan kemarin dapat terangkum sebagai berikut. Istri di dunia akan menjadi istri di akhirat disamping dapat tambahan istri lagi di surga kelak. Orang yang bermakmum kepada orang yang shalat sunnah hukumnya boleh sebagaimana orang mukmin bermakmum kepada orang yang shalat qoshor. Dalam hal melakukan Jamak Ta’khir, sebaiknya dilakukan secara tertib waktu, misal salat ashar-dhuhur, maka yg didahulukan adalah dhuhur baru lanjut ashar. Seseorang yang meninggal dunia dan selama hidup kelakuannya kurang baik, maka tetap wajib disholatkan tapi diutamakan bukanlah tokoh masyarakat yang menyalatkannya untuk memberikan efek jera bagi yang hidup.