Ponpes Sukorejo Mengadakan Penyembelihan Puluhan Hewan Qurban

0
BhasaFM
Pondok pesantren sukorejo potong 22 ekor sapi dan 21 ekor kambing.

Situbondo- Ponpes Sukorejo mengadakan penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan dilakukan pada hari pertama idul adha 2019, Ahad 11 Agustus 2019, ba’da sholat Idul Adha di Masjid Jamik Sukorejo. Adapun hewan yang siap disembelih ada puluhan sapi dan puluhan kambing .

Prosesi penyembelihan hewan qurban menjadi sangat istimewa karena dihadiri oleh Pengasuh Ponpes Sukorejo, KHR. Achmad Azaim Ibrahimy, para ahlul bait (keluarga pengasuh), baik di pondok pusat maupun cabang. Pengurus Ponpes Sukorejo juga hadir, pengurus harian dan para kepala bidang.

Prosesi penyembelihan qurban diawali dengan seremonial, sambutan-sambutan, tausiyah dari Pengasuh, serta pembacaan barzanji dengan diiringi hadrah pemenang pertama lomba takbir santri putri, karena prosesi ini bertempat di pondok putri. Hewan qurban dihiasi sebelum memasuki arena penyembelihan, didandani seperti pengantin baru .

BACA JUGA :  Prosesi Pemakaman Kyai Haji Muzakki Ridlwan

Hewan qurban berasal dari berbagai kalangan, ada dari beberapa wali santri, ada juga dari alumni pesantren yang menjadi anggota DPR, bahkan ada juga dari perusahaan yang bekerjasama dengan bidang usaha Ponpes Sukorejo.

Pengasuh menuturkan kepada panitia secara tertutup, penyembelihan pada hari pertama harus didahulukan untuk santri, baik kepala kamar maupun anak kamar, dan harus sapi yang paling gemuk, karena hewan qurban yang banyak adalah barokah santri yang banyak juga, setelah itu untuk para tetangga ponpes Sukorejo.

Mengapa penyembelihan tidak cukup satu hari? Karena hewan Qurban yang disembelih sangat banyak. Sapi dan kambing sama-sama 20 ekor lebih. Pada penyembelihan kedua diarahkan untuk seluruh pengurus pesantren yang berdomisili di dusun Sukorejo,