Rutinitas Santri Di Halaman Ponpes Sukorejo Setiap Malam

0
BhasaFM
Forum kecil yang dibentuk santri ponpes sukorejo setiap malam (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- Pepatah tiada rotan akarpun jadi sudah tertanam pada santri ponpes sukorejo. Hampir semua sudut ponpes bisa menjadi alternatif untuk ditempati kegiatan santri, termasuk halaman depan kantor pusat pesantren sukorejo. Hampir setiap malam mulai pukul 20.30 sampai dengan pukul 23.00 santri bertebaran membuat forum kecil untuk diskusi, rapat iksass.

Forum kecil terkadang dilengkapi dengan pengeras suara untuk acara yang agak resmi. Namun tak jarang juga mencukupkan dengan lisan ke lisan karena forumnya kecil maksimal 15 orang. Nuansa seperti ini menunjukkan betapa damai santri di dalam kompleks ponpes sukorejo.

BACA JUGA :  Pembagian Buku Kegiatan Ramadhan
BhasaFM
Tiga forum kecil yang beranggotakan santri ponpes sukorejo setiap malam (foto: Reporter Dakwah)

Forum kecil ini biasanya diadakan oleh pengurus iksass, asrama, osim madrasah, dan osis sekolah sore. Forum ini bisa menjadi penyaluran bakat, minat santri yang terpendam, sehingga tersalurkan, dan terasah hingga tajam.

Aji santoso, seorang santri yang ditemui reporter fakultas dakwah menuturkan, bahwa forum kecil yang bertebaran di halaman kanpes ini menjadikan santri lebih enjoy dalam mengisi kekosongan waktu dengan kegiatan yang positif. Bahkan menjadi ajang silaturrahim antar santri sekaligus mengokohkan ukhuwah Islamiah.