Ustadz Karsono Djalil Menjadi Khotib Jum’at di Masjid Jamik Ibrahimy

0

Situbondo- Khotib jum’at di Masjid Jamik Ibrahimy Ponpes Sukorejo pada tanggal 07 Pebruari 2020, adalah Ustadz Karsono Djalil. Ustadz asal pulau Sapudi ini adalah guru tetap di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Selain di Madrasah Aliyah, Ia juga mengajar di SMK Ibrahimy 1. Ia pernah menjadi ketua kamar di Asrama Sunan Maulana Malik Ibrahim no 06.

Masjid Jamik Ibrahimy Ponpes Sukorejo yang dua lantai ini, tidak cukup menampung jama’ah sholat jum’at. Karena pada hari Jum’at, hari libur bagi santri baik di Madrasah Diniyah maupun sekolah umum, sehingga banyak wali santri yang datang untuk mengirim putra maupun putri. Terkadang juga alumni, simpatisan menyempatkan untuk silaturrahim ke asta al-marhumain pendiri, pengasuh Ponpes Sukorejo. Wali santri, alumni, dan simpatisan ini kemudian mengikuti prosesi pelaksanaan sholat Jum’at di Masjid Jamik Ibrahimy Ponpes Sukorejo.

Pada pengantar khutbah Jum’at, Ustadz Karsono menuturkan, ia mengajak kepada seluruh jama’ah sholat Jum’at, pertama agar meningkatkan rasa syukur dengan mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Kedua meningkatkan kualitas iman yang pada akhirnya berbuah ketaqwaan.

BhasaFM
Para tamu baik berbaur mengikuti prosesi Sholat Jum’at (foto: Reporter Dakwah)

Tema khutbah yaitu tentang dahsyatnya kematian. Pertama, hidup ini hanya sementara, karena setiap yang hidup akan berakhir dengan kematian, kedua cukuplah kematian sebagai nasehat bagi yang hidup. Ketiga bahwa kematian adalah suatu peristiwa yang pasti terjadi pada siapapun, ada dimanapun, dan pada situasi kondisi bagaimana pun. Keempat berharap semoga diberi kemampuan untuk meningkatkan iman, dan taqwa kepada Alloh SWT.