Ini Sudah Saatnya Untuk Memaafkan Diri Sendiri

0
60
Ilustrasi diri sendiri - Gambar oleh RoonZ-nl di Pixabay

Situbondo- Beberapa dari kita mungkin pernah melakukan kesalahan yang sulit untuk dimaafkan. Setelah meminta maaf ke orang lain tentu tetap membekas pada diri perasaan bersalah itu. Atau ada hal yang tidak sempat kita lakukan. Namun, waktu sudah lebih dahulu mendahului kita. Sulit, tapi kita tidak bisa terus menerus berkonflik dengan diri sendiri. Maafkanlah agar kita bisa berdamai dengan diri sendiri.

Beberapa kiat – kiat yang dapat dilakukan untuk memaafkan diri sendiri yaitu sebagai berikut:

  1. Hilangkan pikiran negatif.

Pikiran negatif yang sering kali mengganggu kita tentu menjadi hal pertama yang dapat kita lakukan untuk berdamai dengan diri sendiri. Buat list yang berisikan pikiran negatif yang selama ini berdiam di pikiran dan coba baca list itu. Beberapa dari list tersebut tentu tidak benar adanya. Hanya bergumam di pikiran kita tanpa ada asal usulnya. Dan tentu kita akan sadar, betapa kerasnya kita pada diri kita sendiri.

2. Mengakui kesalahan.

Ingat. Waktu tidak bisa berulang, kesalahan yang kita lakukan tidak akan kita bisa cegah kembali. Mengakui kesalahan yang dilakukan merupakan jalan untuk berdamai dengan diri sendiri. Mungkin rasa penyesalan akan membekas. Tapi itu bukan jadi fokus diri kita. Teruslah memotivasi diri sendiri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dua kali. Cukup sekali saja dan tidak untuk selamanya.

3. Positive Self Talk

Perkataan yang baik akan berimbas pada hal baik pula. Diri kita tidak seburuk yang kita kira. Tentu ada hal – hal baik yang bersemayam pada diri ini. Perkataan yang baik pada diri sendiri dapat membantu kita menyadari bahwa kita ini seseorang yang baik. Teruslah berkata bahwa kita ini bisa, kita ini baik, kita ini tidak lemah, dan perkataan positif lainnya. Maka diri akan termotivasi untuk mencapai apa yang kita katakan pada diri sendiri.

4. Cintai diri sendiri

Sebelum mencintai orang lain, ada baiknya mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Jangan lupakan bahwa diri ini juga perlu untuk dicintai. Meski tidak ada orang lain yang mencintai kita. Tetap ingat bahwa diri sendiri tetap selalu ada untuk mencintai. Berikan penghargaan yang positif kepada diri apabila dapat mencapai sesuatu yang ingin dicapai. Berikan motivasi hidup apabila diri belum dapat menjadi diri yang kita inginkan.

5. Bertemanlah dengan orang yang tepat

Teman atau sahabat juga dapat membantu kita untuk berdamai dengan diri sendiri. Mereka yang tepat akan selalu menyemangati kita dikala runtuh. Apabila kita tidak terbiasa dengan kesendirian, ingatlah bahwa ada teman atau sahabat yang akan menemani. Ceritakan kepada mereka tentang apa yang kita alami. Seseorang yang menjadi teman atau sahabat kita yang tepat, maka mereka akan memberikan secercah saran untuk kita agar dapat menjadi lebih baik.

Masih banyak yang dapat dilakukan untuk memaafkan diri sendiri. Tidak hanya terbatas di lima hal yang sudah disebutkan di atas. Tetap semangat dan jadilah versi terbaik dari dirimu.