Jangan Coba-Coba Diselewengkan, Bung Karna Janji Pantau Langsung Penyaluran Pupuk Gratis

0
35
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat rapat persiapan penyaluran pupuk urea gratis bersama PPL (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo akan mulai menyalurkan bantuan pupuk urea gratis awal Desember mendatang. Bupati Situbondo Karna Suswandi mengaku akan memantau sendiri penyaluran bantuan pupuk urea itu di lapangan.

Bupati mengingatkan untuk tidak menyelewengkan bantuan tersebut, mengingat para petani kecil sangat membutuhkan. Bupati mengancam akan mempolisikan siapapun yang menyelewengkan bantuan pupuk tersebut.

“Jangan coba-coba diselewengkan karena saya akan turun memantau penyaluran bantuan kepada petani,” katanya, Senin, 22 November 2021.

Senin siang kemarin, Bupati Karna Suswandi memimpin langsung rapat koordinasi bersama seluruh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura dan Perkebunan. Salah satu agenda rapat koordinasi yaitu membahas teknis penyaluran bantuan pupuk urea gratis kepada petani.

Menurut Karna Suswandi, pengadaan pupuk urea ini untuk membantu petani kecil yang memiliki lahan 0,2 hektar. Oleh karena itu, Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menyatakan, bahwa penerima pupuk gratis harus sesuai kriteria.

BACA JUGA :  Novita, Loper Koran Pertama di Situbondo Gunakan Motor Listrik

“Mohon diperhatikan bahwa penerima bantuan pupuk gratis ini adalah petani pemilik lahan 0,2 hektare,” ujarnya.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan, semula bantuan bisa menjangkau lebih banyak petani hinga petani yang memiliki luas lahan 0,4 hektar. Namun karena harga pupuk melambung dua kali lipat, maka penerima bantuan hanya bisa menjangkau pemilik lahan 0,2 hektar. Meski begitu, Bung Karna berjanji akan mengalokasikan anggaran bagi petani pemilik lahan seluas 0,4 hektar tahun depan.

“Saat ini pupuk yang tersedia sebanyak 1.228 ton dan awal Desember mulai distribusikan. Bagi petani pemilik lahan 0,4 hektar yang tak kebagian pupuk gratis ini akan kita anggarkan tahun depan, ” janjinya.

Reporter: Zaini Zain