Kembali Terjadi Lonjakan Pasien Covid, Tujuh Kecamatan di Situbondo Masuk Zona Merah

0
237
bhasafm
Juru Bicara Satgas Covid-19, Dadang Aries Bintoro ( foto : Zaini Zain )

Situbondo-Satgas Covid-19 Situbondo mencatat terjadi lonjakan pasien Covid minggu pertama awal 2021. Saat ini dilaporkan ada 31 pasien baru terkonfirmasi positif Covid.

Satgas juga menetapkan tujuh Kecamatan masuk zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid, yaitu Kecamatan Besuki, Kendit, Panarukan, Situbondo, Panji, Kapongan dan Asembagus.

Menurut juru bicara Satgas Covid, Dadang Aries Bintoro,  untuk 31 pasien baru tersebar di 11 Kecamatan. Sebaran terbanyak di Kecamatan Panarukan berjumlah 8 pasien serta Kecamatan Situbondo sebanyak 6 pasien.

“Kami sudah menerima hasil PCR 31 pasien baru  tersebut  dan dinyatakan positif Covid,” katanya, Rabu, 6 Januari 2021.

BACA JUGA :  Mayoritas Fraksi di DPRD Situbondo Setuju Jadwal Pengesahan PAPBD 2021 Dimajukan

Dadang menambahkan, selain menetapkan tujuh Kecamatan zona merah penyebaran Covid,  Satgas juga menetapkan lima Kecamatan zona orange atau risiko sedang. Dengan begitu, hanya ada empat Kecamatan di Situbondo masuk zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid.

“Empat Kecamatan zona kuning yakni Sumbermalang, Jatibanteng, Bungatan dan  Arjasa,” ujarnya.

Dadang menambahkan, saat ini jumlah total pasien Covid di Situbondo mencapai 1.767 orang, terdiri dari 128 pasien meninggal, 1.558 sembuh serta 81 pasien masih dalam perawatan medis.

“Untuk 81 pasien terdiri dari 29 pasien di rawat di rumah sakit, 50 pasien isolasi mandiri serta dua pasien isolasi di pusat karantina,” pungkasnya.