Kementerian Perhubungan Segera Uji Coba Rute Penyeberangan Jangkar-NTB

0
120
bhasafm
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan dermaga gerak (movable bridge II) Pelabuhan Jangkar (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Rencana rute penyebrangan dari Pelabuhan Jangkar menuju Indonesia Timur akan segera dilakukan uji coba. Kementerian Perhubungan memastikan akan melakukan uji coba penyebrangan dari pelabuhan Jangkar menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ada enam armada kapal feri siap beroperasi melayani rute penyebrangan ke NTB. Kementerian perhubungan sudah menghubungi pihak operator kapal untuk persiapan uji coba tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi mengatakan, uji coba penyebrangan dari pelabuhan Jangkar menuju pelabuhan Lembar NTB kemungkinan dilakukan pekan depan. Pihaknya sudah mengkonfirmasi operator kapal feri terkait rencana tersebut.

“Sudah kami hubungi operator kapal, dan kami segera melakukan uji coba yang diperkirakan akan terlaksana paling cepat dalam pekan depan. katanya saat meninjau Pelabuhan Jangkar Situbondo, Minggu, 6 Februari 2022.

Menurutnya, dari enam unit kapal yang ada sebanyak  tiga kapal akan standby di Pelabuhan Jangkar dan tiga kapal di Pelabuhan Lembar NTB. Dengan enam unit kapal yang akan beroperasi dari Pelabuhan Jangkar ke Lembar tersebut, maka otomatis membutuhkan parkir kendaraan besar yang memadai, mengingat kegiatan penyeberangan akan terus berjalan selama 24 jam.

BACA JUGA :  Tengah Malam Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

“Butuh sarana pendukung di pelabuhan Jangkar untuk kelancaran penyeberangan menuju pelabuhan Lembar NTB yaitu akses jalan menuju pelabuhan dan sarana parkir yang luas,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, Gubernur Jawa Timur mendukung penuh beroperasinya penyebrangan dari pelabuhan Jangkar menuju pelabuhan Lembar NTB. Oleh karena itu, kebutuhan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk kelancaran operasional pelabuhan akan segera dilakukan.

Karna Suswandi mengaku, bahwa dibukanya rute penyeberangan antar provinsi dari pelabuhan Jangkar, tentu akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Saat ini Pemkab terus melakukan sosialisasi terkait pembangunan dan pengembangan perluasan trayek Pelabuhan.

“Kami menyambut baik dibukanya penyeberangan menuju pelabuhan Lembar. Hal ini tentu akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat serta PAD Pemkab Situbondo,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain