Kesan dan Pesan Sandiaga Uno Saat Mengunjungi Wisata Kampung Blekok

0
34
bhasafm
Menteri Sandiaga Uno bersama Bupati Karna Suswandi saat mengunjungi desa wisata kampung blekok (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, mengaku terkesan dengan wisata kampung blekok, di kampung Pesisir, desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Jumat 17 September 2021. Saat ini, desa wisata kampung belok masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Sandiaga Uno sempat melepas burung bangau dari tempat penangkaran untuk kembali kehabitatnya.Sandiaga Uno mengaku akan menyiapkan dana untuk memprluas penanaman hutan bakau. Keberadaan hutan bakau ini akan menjadikan kawasan konservasi pemulihan burung bangau yang mulai kehilangan habitatnya.

“Semangat desa wisata ini diharapkan dapat membangkitkan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Sandiaga Uno, tahun lalu ada sekitar 2 juta lapangan pekerjaan hilang di Indonesia akibat pandemi. Diharapkan geliat desa wisata seiring pengendalian Covid-19, akan membuka lapangan pekerjaan baru serta meningkatkan produktifitas pelaku ekonomi kreatif.

BACA JUGA :  Berkunjung ke Galery Akar Dewa Jati, Buyer Amerika Pesan Kerajinan Erosi Untuk Pemeran

Oleh karena itu, pengelola desa wisata harus terus dibenahi melalui peningkatan SDM bersertifikasi. Pihaknya akan menggandeng  pramuwisata Indonesia, untuk melakukan pendampingan peningkatan kualitas pelayanan desa wisata.

“Sarannya pelayanan harus terus ditingkatkan melalui pendampingann SDM yang bersertifikasi,” terangnya.

Sandiaga Uno menambahkan, Kabupaten Situbondo memiliki potensi wisata sangat bagus.  Selain ada destinasi wisata pantai pasir putih, saat ini akan dikembangkan destinasi wisata baru Merak-Baluran. Diproyeksikan ada delapan destinasi wisata baru dalam satu kawasan.

“Upaya pengembangan destinasi ini diharapkan akan mendorong pengembalian devisa Negara. Tahun lalu ada sekitar 80 persen devisi Negara hilang akibat pandemi,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain