Dua Ekor Sapi Qurban Pemkab Situbondo Terjangkit Cacing Hati

0
BhasaFM
petugas peternakan temukan dua ekor sapi terjangkit cacing hati (22/8) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo menyembelih 13 ekor sapi qurban, usai sholat Idul Adha kemarin (22/8). Dua ekor sapi ditemukan terjangkit cacing hati, dan dinilai sangat membahayakan kesehatan jika di konsumsi.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Situbondo, langsung mengamankan hati dua ekor sapi tersebut. Sedangkan 11 ekor sapi lainnya dinyatankan aman untuk dibagikan kepada masyarakat.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner, Sulistiani, sebenarnya hati sapi yang terjangkit cacing masih bisa dikonsumsi, asalkan direbus selama satu jam. Namun jika tidak tahu caranya memasak akan sangat membahayakan bagi kesehatan.

Oleh karena itu kata Sulistiani, pihaknya memilih mengamankan agar tak dibagikan kepada masyarakat. Sulistiani mengaku, kualitas daging sapi qurban Pemkab Situbondo tahun ini, jauh lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya.

Sulistiani menambahkan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, menerjunkan 40 petugas untuk memantau pendistribusian daging hewan qurban di 17 Kecamatan. Sejauh ini belum ada temuan, kecuali dua ekor sapi qurban Pemkab Situbondo yang terjangkit cacing hati.