Jumlah ODP Bertambah Jadi 248 Orang, Pasien Positif Corona Masih Tetap 11 Orang

0
Bhasafm
UPDATE data terbaru penyebaran virus Corona di Situbondo 13 April 2020

Situbondo- Warga positif virus Corona di Situbondo masih tetap berjumlah 11 orang, namun jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang menjalani rawat inap bertambah. Selain itu jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP)  juga bertambah dari 235 menjadi 248 orang.

Pasien positif terbanyak di Kecamatan Banyuputih dan Bungatan masing-masing berjumlah tiga orang, semuanya masuk klaster luar negeri. Sedangkan di Kecamatan Kapongan berjumlah dua orang masuk klaster Surabaya. Satu pasien yang mengikuti diklat haji di Surabaya menularkan kepada keluarganya.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Abu Bakar Abdi, mengatakan, jumlah pasien positif Corona masih 11 orang. Ada dua dari tiga pasien baru terkonfirmasi positif COVID-19, merupakan klaster Surabaya.

BACA JUGA :  FPKB DPRD Situbondo Pertanyakan Angggaran 9 Miliar Untuk Pelayanan Kesehatan Gratis Terlalu Kecil

Menurut Abu Bakar, untuk di Kecamatan Banyuputih terjadi penularan dari pasien positif sebelumnya yang masuk klaster luar negeri. Semula orang tuanya positif kemudian terjadi kontak dengan dua orang keluarganya.

Abu Bakar menjelaskan, empat dari 11 orang pasien positif corona  yang tersebar di Kecamatan Panarukan, Bungatan dan Besuki, telah dinyatakan sembuh. Sedangkan lima orang isolasi mandiri di rumah karena sudah pulang rawat inap di rumah sakit. Saat ini masih tersisa dua pasien menjalani rawat inap.