Komisi I Minta APBDes Tuntas Minggu Kedua Bulan Ini

0
105
Bhasa FM
Ketua Komisi I DPRD Situbondo, H. Faisol (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi I DPRD Situbondo berharap kepala desa bisa merampungkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) minggu kedua bulan ini. Saat ini, masih ada 80 desa dari 132 belum merampungkan APBDes. Sebab APBDes menjadi syarat pencairan Dana Desa (DD).

Menurut Ketua Komisi I DPRD Situbondo, H. Faisol, semakin cepat merampungkan APBDes sebenarnya lebih baik. Komisi I telah meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), agar ikut melakukan pendampingan penyusunan APBDes agar cepat selesai.

“Semakin cepat semakin baik. Setidaknya harapan kami APBDes bisa rampung minggu kedua bulan ini,” kata politisi PPP itu ditemui di Kantor DPRD, Jum’at, 5 Maret 2021.

BACA JUGA :  Jangan Coba-Coba Diselewengkan, Bung Karna Janji Pantau Langsung Penyaluran Pupuk Gratis

Faisol menambahkan, masalah APBDes ini juga menjadi atensi Pemerintah Provensi Jawa Timur. Kalau minggu kedua bulan ini seluruh desa merampungkan APBDes, maka bulan ini sudah bisa mencairkan Dana Desa tahap pertama. Sebab kalau pencairan Dana Desa baru dilakukan April mendatang akan sangat mengganggu pembangunan di desa.

“Kalau sudah selesai, keuangan bisa diturunkan dan otomatis meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain