Kontingen Kabupaten Malang Sapu Bersih Medali Emas Cabor Hockey Outdoor

0
48
bhasafm
Pesta kemenangan kontigen Kabupaten Malang setelah tim hockey putra dan putri ketegori outdoor meraih medali emas (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kontingen Kabupaten Malang menyapu bersih medali emas pada cabang olahraga Hockey kategori outdoor  di  Stadion Gelora Muhammad Saleh Situbondo, Rabu kemarin. Tim hockey putra dan putri Kabupaten Malang berhasil meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022.

Bahkan tim hockey putra Kabupaten Malang kategori outdoor tak pernah kalah selama kompetisi berlangsung. Dari empat kali pertandingan mendapatkan 8 poin, yaitu dua kali memang  dan dua kali seri. Berada di puncak klasemen hingga pertandingan berakhir, Tim Hockey putra Kabupaten Malang menyandang predikat juara dan mendapatkan medali emas.

Untuk posisi kedua peraih medali perak adalah tim hockey putra kota Surabaya kategori outdoor, dengan perolehan 7 poin, yaitu dua kali menang, satu kali seri dan satu kali kalah. Sedangkan medali perunggu diraih  tim hockey putra Kabupaten Gresik dengan poin 6, yaitu satu kali menang  dan tiga kali seri.

Menurut Ketua Federasi Hockey Jawa Timur, Michael Donnie Gunawan, pertandingan tim hockey outdoor putra sangat berimbang. Selisih poin peraih medali hanya terpaut satu poin  saja. Ini menunjukan persaingan kualitas pemain hockey di Jawa Timur berkembang pesat.

“Pertandingan hockey putra diikuti lima kontingen yaitu Kabupaten Malang, kota Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Gersik dan Banyuwangi. Format pertandingan separuh kompetisi dan semua tim saling bertemu,” katanya Michael Donnie Gunawan, Rabu, 29 Juni 2022.

Yang mengejutkan terjadi pada pertandingan tim hockey putri kategori outdoor. Selama empat kali pertandingan dari lima tim yang bertanding tak satupun tercipta gol. Selama pertandingan selalu berakhir dengan skor imbang kosong-kosong.

BACA JUGA :  Polres Situbondo Gagalkan Pengiriman Ribuan Liter Solar

Karena hasilnya sama-sama empat poin, maka penentuan juara dilakukan melalui drama adu penalti. Pada babak adu penalti ini berlangsung  menegangkan, karena pemenang hanya ditentukan kiper dan empat pemain yang ditunjuk jadi penendang penalti. Dalam permainan hockey, penendang penalti tidak seperti permainan sepakbola yang langsung menendang ke arah gawang, melainkan menggiring bola menggunakan stik ke arah gawang. Kalau berhasil melewati hadangan kiper  dipastikan akan mencetak gol.

Setelah drama adu penalti menegangkan berakhir, tim hockey putri Kabupaten Malang menjadi juara dan meraih medali emas kategori outdoor. Dari empat kali adu penalti, Tim hockey  Kabupaten Malang berhasil memasukan 8 gol dan kemasukan 5 gol.  Sedangkan medali perak diraih kota Surabaya, yaitu memasukan 8 gol dan kemasukan 6 gol. Untuk medali perunggu diraih tim hockey Kabupaten Gresik, yaitu memasukan 7 gol dan kemasukan 5 gol.

Menurut Michael, pertandingan hockey putri kategori outdoor memang menakjubkan. Bisa jadi merupakan sejarah baru dalam perhelatan hockey, karena tak ada satu gol pun tercipta selama pertandingan.

“Tim hockey di Jawa Timur sudah ada sekitar 14 tim. PAda perhelatan Porprov VII Jatim 2022 tidak semua KONI mengirimkan tim ikut di semua kategori, ada yang ikut di hokey putri, ada yang di hockey putra dan hockey pantai karena terbentur dana,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain