Manfaatkan Job Fair, Enam Pemuda Dapat Rekom Bekerja Ke Malaysia

0
112
BhasaFM
pencari kerja antri di acara job fair 2019 (foto: Zaini Zain)

Situbondo-Selama dua hari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Situbondo, membuka job fair di GOR Baluran melibatkan 45 perusahaan. Sekitar 1000 lebih pelamar memanfaatkan bursa kerja tersebut.

Tak hanya memilih bekerja di perusahaan dalam negeri, sebagian pelamar juga memilih lowongan pekerjaan ke luar negeri. Enam pelamar langsung mendapatkan rekomendasi bekerja ke Malaysia.

Menurut Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Muhammad Zaini, enam pelamar yang akan berangkat bekerja ke Malaysia, melamar di acara job fair melalui PT Putra Duta Pembangunan.

Zaini mengaku, enam pelamar itu sudah mendapat surat ijin orang tua, mengingat mereka masih baru lulus SLTA. Pihak keluarga juga sudah mengetahui penempatan kerjanya di Malaysia. Keenam pemuda itu akan bekerja bidang konstruksi di daerah Malaysia Barat.

Zaini menambahkan, keenam pemuda siap diberangkatkan ke Malaysia, karena ID onlinenya juga sudah terbit. Selain keenam pemuda itu, dua hari sebelumnya juga ada empat pemuda baru lulus sekolah, telah mendapat rekomendasi bekerja ke Malaysia melalui perusahaan penyalur tenaga kerja yang sama.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Melantik Pejabat Eselon II Peserta Lelang Jabatan

Zaini menghimbau, agar masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri tidak berangkat secara illegal. Masyarakat bisa memanfaatkan job fair untuk mencari pekerjaan baik di perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Lebih jauh Muhammad Zaini mengatakan, mengingat antusias pencari kerja cukup tinggi di acara job fair, pihaknya akan kembali membuka job fair sekitar November mendatang. Sebanyak 45 perusahaan yang terlibat job fair kali ini akan kembali hadir ke Situbondo.

Seperti diberitakan sebelumnya, 45 perusahaan di acara job fair menyediakan 1.500 lowongan pekerjaan. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi rutin mengadakan bursa setiap tahunnya, untuk mengurangi angka pengangguran di Situbondo.