Mappilu PWI Situbondo, Pantau Pemilu 2024

0
393
Gambar oleh WOKANDAPIX dari Pixabay

Situbondo, bhasafm.co.id- Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) bentukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) akan melakukan kontrol terkait Pemilu serentak yang akan berlangsung pada Februari 2024 mendatang.

Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, saat melantik Pengurus Mappilu Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, periode 2022-2005 mengatakan, Mappilu hadir untuk melakukan pemantauan secara langsung pelaksanaan pesta demokrasi agar hasilnya lebih baik.

“KPU, Bawaslu, maupun aparat penegak hukum, nantinya PWI Situbondo akan aktif sebagai insan pers yang ikut memantau pelaksaan Pemilu,” ujarnya, Senin (12/6/2023).

Katanya, dalam melakukan pemantauan terhadap pesta demokrasi rakyat ini, wartawan dituntut kritis namun disertai dengan ide cemerlang memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.

BACA JUGA :  211 Narapidana Rutan Kelas II B Situbondo Diusulkan Mendapatkan Remisi Idul Fitri 1445 H

“Kalau masyarakat pers sudah pegang kendali, ini bahaya. Karena wartawan akan langsung menuliskan temuan di lapangan terkait dengan Pemilu,” bebernya.

Tidak hanya soal tahapan-tahapan tekhnis demokrasi, mulai dari pendataan pemilih hingga pengumuman pemenang, namun juga bagaimana wartawan mampu memberikan arahan kepada penyelenggara agar masyarakat pemilih tahu siapa sosok calon yang akan dipilihnya.

“PWI bisa memberikan pencerahan terkait dengan rekam jejak calon yang akan dipilih. Teman-teman jurnalis juga bisa membantu menyampaikan program-program calon,” tutupnya.

Pantauan RRI, Pengurus Mappilu PWI Kabupaten Situbondo, terdiri dari tujuh orang pengurus yang diketuai oleh jurnalis LKBN Antara, Novi Husdinariyanto. Mereka sudah mulai bekerja seiring dimulainya tahapan Pemilu serentak 2024.