Melihat Kerusakan Akibat Banjir Rob, Bupati Situbondo Prioritaskan Pembangunan Tangkis Laut

0
110
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat melihat kerusakan akibat banjir rob di Dusun Laok Bindung, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi mengunjungi lokasi banjir rob di kawasan pesisir  Laok Bindung, Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Selasa kemarin. Selain memberikan bantuan paket sembako, Bung Karna melihat langsung sejumlah rumah warga yang rusak karena abrasi.

Saat bertemu Bupati, sejumlah korban banjir rob mengaku sudah ada 14 rumah warga yang berada di bibir pantai rusak karena diterjang gelombang. Banjir rob di tempat ini ternyata sudah terjadi sejak 2019 lalu. Untuk Sabtu 10 Juli lalu, ada empat rumah warga rusak diterjang gelombang pasang.

Salah seorang warga Didik mengaku rumahnya rusak diterjang gelombang 2019 silam. Sejak saat itu, Didik bersama anggota keluarganya terpaksa numpang di balai desa setempat.

“Kami berharap Pemkab segera membangunkan tangkis laut karena cuaca esktrim sangat mengancam warga yang tinggal di pinggir pantai,”  katanya, saat bertemu Bupati Karna Suswandi, Selasa, 13 Juli 2021.

BACA JUGA :  Dipicu Rebutan Pacar, Belasan Remaja Terlibat Tawuran

Sementara itu, Bupati Karna Suswandi mengaku akan memprioritaskan pembangunan tangkis laut di Peisir Laok Bindung, mengingat di lokasi tersebut padat pemukiman penduduk. Sudah ada belasan rumah rusak diterjang gelombang pasang sejak 2021.

Menurut Karna Suswandi, pihaknya akan memerintahkan tim teknis untuk mengkaji rencana pembangunan tangkis laut. Rencana pembangunan tangkis laut akan dimasukan melalui Perubahan APBD 2021.

“Kami datang kesini ingin melihat langsung kondisi masyarakat. Pembangunan tangkis akan menjadi prioritas mengingat banyak warga yang tinggal di tepi pantai,” ujarnya saat ditemui di lokasi.

Reporter: Zaini Zain