Menanam BK 01 dan 02 Sesuai Sop Diproyeksikan Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Situbondo

0
42
Ilustrasi beras (Gambar oleh günter dari Pixabay)

Situbondo, bhasafm.co.id- Pemerintah Kabupaten Situbondo dalam waktu dekat memastikan akan memberikan pendampingan terhadap petani yang menanam bibit BK Situbondo 01 dan 02 agritan sesuai standar operasional prosedur (SOP). Dengan begitu, proses penanaman dilakukan dengan benar, sehingga saat panen nanti bisa menguntungkan petani.

 

Langkah Pemkab Situbondo ini menyusul akan dilakukannya pembagian bibit gratis pada Bulan November mendatang. Bupati Situbondo, Drs. Karna Suswandi mengatakan, bibit padi BK 01 dan 02 Agritan akan diberikan secara cuma-cuma kepada kepada sebagian kelompok tani di Kabupaten Situbondo.

 

Bung Karna mengatakan, Pemkab Situbondo sudah melakukan pembibitan padi BK seluas 20 hektare. Ini merupakan upaya untuk memperluas penyebaran bibit padi BK di Indonesia. Sehingga, nanti bisa disebar seiring dengan terbitnya Surat Keputusan Layak Edar dari Menteri Pertanian.

 

Bung Karna berpesan bahwa penanaman bibit BK Situbondo 01 dan 02 harus dilakukan sesuai SOP. Sebab, hanya dengan cara begitu maka biaya produksi petani tidak akan besar.  Saat masa panen tiba, petani akan untung.

 

Bung Karna mengatakan, salah satu SOP yang harus dilaksanakan adalah proses pemupukan. Tidak hanya menggunakan pupuk kimia, tapi juga pupuk organik. Penanaman padi BK sangat diharapkan akan berdampak signifikan terhadap kesejahteraan petani. Mengingat, penanaman padi tersebut hanya membutuhkan waktu  sekitar 80 hari dengan hasil panennya mencapai lebih 9 ton per hektar lahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.