Mendadak Banyak Pengemis di Pusat Perbelanjaan Menjelang Lebaran

0
176
BhasaFM
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, Lutfi Joko Prihatin

Situbondo– Tingginya pengunjung di pusat-pusat perbelanjaan, ternyata berdampak pula terhadap banyaknya jumlah pengemis. Banyak pengemis memanfaatkan keramaian menjelang lebaran untuk mengais rejeki.

Banyaknya pengemis ini dinilai meresahkan sebagian masyarakat. Mereka berharap agar pemerintah segera menertibkan pengemis, karena bisa jadi mereka terorganisir.

Salah seorang warga, Izul meminta Satpol PP dan Dinas Sosial, segera merazia para pengemis di sejumlah pusat perbelanjaan. Izul juga berharap pemerintah mengusut asal usul keberadaan pengemis tersebut.

BACA JUGA :  Jawa Timur Bangkit, Khofifah Ajak Seluruh Kepala Daerah Bermental Pantang Menyerah

Menurutnya, jika memang berasal dari keluarga tak mampu dan berasal dari Situbondo, maka menjadi tugas pemerintah memberdayakannya. Namun jika mereka berasal dari luar kota dan ada yang mengorganisir, maka pemerintah harus memulangkannya ke daerah asalnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemkab Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, mengaku akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan maraknya pengemis.

Menurut Lutfi, maraknya pengemis kemungkinan karena banyak warga ingin berlomba-lomba bersedekah  di bulan puasa. Oleh karena itu, banyak pengemis memanfaatkannya untuk mencari rejeki.