JEJAK PERTAMA KAEL CUCU DARI BAPAK RADIO INDONESIA DI INDUSTRI MUSIK INDONESIA

0

AFE RECORDS kembali merilis artis muda berbakat yang mempunyai warna vokal yang sangat berkarakter, selain itu artis muda ini juga pandai memainkan alat musik, ini langkah pertama dia di industri musik Indonesia, dia adalah KAEL dengan lagu berjudul  “MENGHARAPKANMU”.

 KAEL yang memiliki nama lengkap Muhammad Mikael Ronodipuro lahir di Jakarta, 1 maret 1998. Di umur 20 tahun ini dengan suaranya yang sangat berkarakter berhasil meluluhkan eksekutif produser AFE RECORDS untuk mengontraknya menjadi salah satu line up artist di AFE RECORDS. Awal pertemuannya dengan “Atok” Tengku Shafick dalam sebuah acara keluarga hingga membuat demo dan bertemu dengan petinggi AFE RECORDS (Hendy Ahmad dan Yanto) membawanya ke sebuah pijakan awal di industri musik Indonesia dengan lagu “MENGHARAPKANMU”.

MENGHARAPKANMU sebuah lagu yang menceritakan sebuah kisah cinta seorang lelaki yang tersimpan sejak awal perjumpaan dengan wanita yang dicintainya. Bahkan sekalipun dia sudah berteman baik dengan wanita tersebut dan belum berani mengungkapkan perasaaannya. Mendengar kabar dia akan menikah dengan lelaki lain, sang lelaki inipun tetap merelakannya sekalipun banyak yang dikorbankannya untuk sang wanita, dia rela terluka demi sang wanita ini asalkan dia bahagia, dan dia akan menunggu sampai kapan pun. “ Ini tentang ketulusan cinta, yang kadang ending –nya tidak sesuai dengan keinginan kita” ujar KAEL

Dengan karakter suaranya KAEL diberikan konsep musik pop R n’ B, dibalut dengan musik yang megah oleh sang pencipta lagunya yaitu TENGKU SHAFICK. “ Lagu ini sengaja aku menambahkan String Section biar rasanya lebih dapat, terutama alat musik Cello karena soundnya dapat mengiris hati” ujar Tengku Shafick. KAEL pun sangat menyukai genre ini, karena pop R ‘n B dapat memberikan ruang bagi dia untuk lebih menggunakan rasa saat bernyanyi. “Maksud aku di genre ini, soul atau rasa menjadi menu utamanya kalo tidak bisa menyampaikan rasanya maka sulit lagunya dapat dirasakan oleh yang mendengarnya” jelas KAEL.

KAEL sangat menyukai musik sejak kecil, dan keberanian pertama kali muncul saat kelas 2 SD di sekolahnya ada acara Talent Show, KAEL pun membaranikan diri untuk bernyanyi sambil bermain gitar. “Aku tertarik dengan musik ketika masih kecil lihat bapak main gitar serta diajarin cara bermainnya, dan ketika di SD ada acara Talent Show entah bagaimana keberanian itu muncul, aku ikutan dan bernyanyi dengan bermain gitar, dan keberanian terus meningkat hingga sekarang” ujar KAEL mengenang momen masa kecilnya.

Yang tidak disadari oleh tim AFE RECORDS ternyata KAEL adalah Cucu dari Bapak RRI atau pendiri dari RRI yaitu Moehammad Joesoef Ronodipoero yang berjasa dalam menyiarkan naskah proklamasi ke mancanegara, melalui kantor radio Jepang di Indonesia saat itu  HOSO KYOKU dan naskah proklamasi itu dibacakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sehingga dapat dipahami oleh radio-radio luar negeri selain itu beliau juga salah satu pendiri pencetus RRI, yang disepakati pada pertemuan kedua kepala-kepala radio di Indonesia pada tanggal 11 September 1945.

Aku berharap lagu ini bisa menjadi awal yang baik kiprah aku di dunia musik Indonesia, dan lagunya dapat dinikmati oleh pencinta musik Indonesia dari semua kalangan, karena walaupun lagu ini mungkin di genre Pop R n’ B tapi dari kekuatan lirik dan cerita lagu ini dapat menyentuh semua kalangan” ujar KAEL yang mengidolakan Brian Mcnight dan Chrisye.