Single Akhiri Saja Semakin Mempertegas Konsistensi PAPINKA, Menjaga Identitas Warna Musik yang Mereka Usung

0

Ascada-Terbentuk sejak  tahun 2011, Nama PAPINKA merupakan singkatan dari Pangkal Pinang Bangka, yang tidak lain adalah  tanah kelahiran dari Chevra (Vocal), Andree (Bass) dan BJ (Drum).  Selain  sebagai pendiri, ketiganya hingga kini menjadi personil tetap PAPINKA. Berharap dengan nama yang diambil dari singkatan  tanah kelahiran mereka, menjadi sebuah nama yang penuh  keberuntungan. Eksistensi dan  produktifitas dari mereka pun, tidak perlu diragukan lagi. Hal ini mereka buktikan, dengan selalu merilis single – single terbaru karya mereka hingga saat ini.

Perlahan namun  pasti,  PAPINKA telah berhasil menjadi sebuah  kekuatan di industri musik Indonesia dan di beberapa negara tetangga. Terbukti dengan karya-karya mereka yang tidak saja hanya di apresiasi di Indonesia,  namun,  diterima dengan baik juga di  negara-negara lainnya seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Hongkong dan juga Taiwan. Berbagai penghargaan Internasional yang telah mereka raih, diantaranya adalah Viral Fest Asia Award, Newway Karaoke Award Malaysia Kategori Lagu Terpopuler,  Newway Karaoke Award Malaysia Kategori Lagu Serumpun Terbaik, MACP Award Malaysia Kategori Lagu Terpopuler yang mereka raih pada tahun 2015 dan 2016.

Jelang pertengahan tahun ini, Papinka merilis sebuah single berjudul “Akhiri Saja”, single yang pernah dipopulerkan oleh ASBAK Band sebelumnya. Tentu saja kali ini PAPINKA mengemasnya dengan konsep yang berbeda, dari yang pernah dibawakan sebelumnya. Seolah hendak membuktikan eksplorasi musikalitas dan menemukan hal baru dalam memperkuat warna karya musiknya, PAPINKA memberi sentuhan komposisi dan warna tak biasa di single ini. “Mungkin bisa dikatakan tak biasa itu dari sudut kita ya…karena pada komposisi single ini, kita melakukan hal – hal baru, yang jauh berbeda dengan yang pernah kita lakukan di single – single kita sebelumnya”, ungkap Chevra menegaskan konsep musik di single terbarunya ini.

BACA JUGA :  Terlanjur Memakai Hati Lagu Baper Dalam Arti Sesungguhnya Dari Kata Pujangga

“Konsep musiknya tentu harus kami buat berbeda dari yang pernah dibawakan ASBAK Band sebelumnya…kami membuatnya dengan konsep yang tidak terlalu ngeband, namun masih tetap berasa format bandnya. Bahkan untuk pertama kalinya, kami memasukan unsur nuansa tradisional di single ini, dan hal ini yang belum pernah ada di single – single kami sebelumnya”, tambah Chevra menjelaskan tentang konsep lainnya dari single ini. “Liriknya yang sangat kuat, bercerita tentang perasaan yang selalu tersakiti selama bersama, dan berpisah sepertinya jalan terbaik untuk mengakhiri semuanya, tambah Andrey menjelaskan makna dari single tersebut.

Menyimak single “Akhiri Saja” ini, PAPINKA semakin mempertegas konsistensi mereka, menjaga identitas warna musik yang mereka usung. “Ga bisa kami pungkiri lirik lagu ini sangat kuat, dan menjadi faktor kekuatan lainnya di single ini, akhirnya kami menemukan formula komposisi musik seperti inilah, yang pas, untuk memperkuat makna lagunya. Dari setiap single yang kami rilis, tentu sudah menjadi sebuah keharusan, untuk tetap mempertahankan identitas musik kami, namun kami tetap bereksplorasi, agar tetap bisa menyajikan hal – hal baru lainnya, supaya tetap fresh,”, terang  Chevra tentang mempertahankan identitas warna musik PAPINKA