Tahun 2021 Ini Carlo Akhirnya Sukses Merilis Single Terbaru Karya Glenn O Rotty Yang Berjudul Demi Kamu

0

Legenda Musik- Carlo Saba lahir di Bandung Jawa Barat, adalah penyanyi Indonesia dari grup musik Kahitna, menjadi lead vocal bersama Hedi Yunus dan Mario. Grup musik asal Bandung ini dibentuk pada tahun 1986 yang di motori oleh Yovie Widianto. Bersama Kahitna (yang memiliki views di Youtube lebih dari 150 juta views) telah merelease 11 album music, album kompilasi, dan Single. Bersama saudara-saudaranya Carlo Saba juga membentuk grup vocal yang bernama SABA, terdiri dari Marthin(Almarhum), Denny, Ivan dan Carlo. Di tahun 2021 ini Carlo akhirnya sukses merilis Single terbaru karya Glenn O Rotty yang berjudul “Demi Kamu“. Yang diharapkan dapat menghibur semua pecinta musik Indonesia.

Terkait Lagu

Di saat pandemi covid-19 seperti sekarang, beruntung saya bertemu dengan label yg sangat kooperatif, Legenda Musik Indonesia. Awalnya saya ditawari dua lagu dengan tipikal berbeda. Yang pertama bertipe slow romantic, sentuhan popnya terasa sekali. Yg kedua bertipe medium beat cenderung agak groovy. Pada saat awal di sisi ini saya agak sulit memilih karena jujur secara tingkat kesulitan lagu pertama yang slow romantic justru tingkat kesulitannya sangat tinggi karena ada range vocal yang jauh di melodinya sedangkan yang kedua cenderung lebih gampang karena range vocalnya tidak sejauh lagu yang pertama.

Akhirnya pilihan saya jatuh ke lagu yg pertama dengan tipe slow romantic dengan judul “Demi Kamu”. Ini challenge buat saya untuk bisa membawakan lagu karya Glenn O Rotty ini dengan baik dan akhirnya semua yang mendengarkan lagu ini juga bisa terbawa oleh kesyahduan lagu ini.

Proses Pembuatan

Pada saat proses pembuatan ternyata tidak segampang yang dipikirkan di awal. Saya ingat waktu workshop pertama, saya ditemani oleh Efan sebagai arranger musik dan Glenn O Rotty sebagai komposer kita sama-sama berdiskusi kemasan aransemen apa yang paling baik untuk lagu ini. Karena lagu ini slow romantic kita mencoba untuk meng-explore rasa dari lagu ini untuk tidak berkurang sama sekali rasa romantisme yg indah dari lagu ini. Dilihat lirik dari lagu “Demi Kamu” itu menggambarkan suatu ungkapan janji kesetiaan seseorang, jadi garapan musik dan vokal secara keseluruhan nantinya harus bisa menggambarkan itu.

BACA JUGA :  Rilis Secara Eksklusif, Album Yang Berisikan 10 Track Ini Merupakan Proyek Kolaborasi Erie Dengan Adibal Sahrul

Akhirnya kita sama-sama mengambil keputusan untuk merekam lagu ini tanpa patokan tempo sama sekali yang biasanya dilakukan pada saat rekaman musik secara umum. Ini berdampak juga ke seluruh pola pengisian instrumen musik di lagu ini jadi cukup sulit, karena setiap player instrumen pengisi harus berpatokan bukan pada ketukan tempo musik tapi hanya berpatokan pada musik dasar dan vokal saya saja yg sudah ada. Ini tujuannya supaya nanti yg mendengarkan lagu ini betul-betul dapat merasakan emosi kesyahduan dari lagu ini, karena dengan rekaman tanpa tempo tadi ada percepatan dan perlambatan yang membuat lagu “Demi Kamu” pada saat didengar jadi lebih indah, apalagi di aransemennya juga ada pengisian string yang membuat lagu ini jadi lebih lengkap & indah didengarkan juga diresapi.

Harapan

Harapan saya semoga lagu “Demi Kamu” ini bisa diterima dengan baik oleh pendengar musik Indonesia secara umum, bisa jadi teman di saat pandemi ini, untuk yg sedang work from home-wfh, di mobil dan dimanapun berada khususnya Soulmate Kahitna yang selama ini selalu memberikan supportnya untuk saya pribadi juga dengan Kahitna.

Maju terus Musik Indonesia …