Ngaji bareng Bersama Lembaga Mutakallim IKSASS Kalimantan

0
29
Foto Ngaji bareng Bersama Lembaga Mutakallim IKSASS Kalimantan

Situbondo- Untuk meningkatkan kompetensi para santri, yang mampu memahami dan menguasai kitab kuning. Lembaga Rayon IKSASS Kalimantan, mengadakan kegiatan ngaji kitab, yaitu kitab Fathul Qarib, di halaman teras Masjid Jami’ Ibrahimy, pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Dan yang menjadi mutakallim ustad Tayyib, yang juga berasal dari Kalimantan. Namun beliau sudah lama berada di ma’had aly. 26 Desember 2021.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap malam, yang dilaksanakan oleh Lembaga mutakallim. Mulai pukul setengah sembilan, sampai dengan pukul sebelas malam. Peserta yang ikut ngaji  berasal dari Kalimantan dan juga ada yang dari luar IKSASS Kalimantan.

BACA JUGA :  Lima ASN Dipecat, Sembilan ASN Diberi Sanksi Disiplin Kenaikan Pangkat
Foto Ngaji bareng Bersama Lembaga Mutakallim IKSASS Kalimantan (Foto 2)

Metode yang di terapkan yaitu metode komperatif learning, atau diskusi. Dan kadang juga para santri di suruh membaca terlebih dahulu, baru kemudian mutakallim memberi penjelasan mengenai kitab yang di telaah.

Santri asal kalimantan yang juga ikut ngaji Reza Zakaria, mengungkapkan adanya kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi para santri, khususnya santri Kalimantan, yang ingin mendalami kitab kuning. Dan yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di ma’had aly.

Reporter: Fakultas Dakwah (Mahfud)