Ny. Khoi, Kader NU Wanita Pertama Jadi Wakil Bupati di Situbondo

0
109
Bhasafm
Wakil Bupati Ny. Hj Khoirani saat acara penyamburtan di pendopo amukti praja Situbondo, Sabtu, 27 Februari 2021 ( foto: Zaini Zain )

Situbondo- Wakil Bupati Situbondo, Ny. Hj. Khoirani merupakan kader NU. Wanita yang akrab dipanggil Ny. Khoi itu merupakan Wakil Ketua Muslimat NU Situbondo, sekaligus sebagai pengasuh di pondok Pesantren Miftahul Ulum, Kecamatan Besuki.

Ny. Khoi merupakan kader NU wanita pertama menjabat Wakil Bupati di Siubondo.  Sebelumnya, Ny. Khoi pernah jadi anggota DPRD Situbondo dari Fraksi PPP. Ia menjadi anggota Komisi IV periode 2004-2009.

Menurut Ny. Khoi, kaum perempuan harus bisa menggali potensinya, karena kaum perempuan memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk berkiprah. Kedepan kaum perempuan harus berdaya. Dirinya bersama Bupati telah sepakat melakukan pemberdayaan emak-emak melalui program IKM atau Industri Kecil dan Menengah.

BACA JUGA :  Cerita KH.Muhammad Nasrullah, Warga Tionghoa Yang Diislamkan Kiai As’ad

“Perempuan ternyata juga bisa. Kuncinya, selalu tanamkan jiwa optimisme,”  katanya, saat ditemui usai acara penyambutan di pendopo Kabupaten, Sabtu, 27 Februari 2021.

Menurut Ny. Khoi, dirinya bersama Bupati akan fokus melaksanakan sembilan program prioritas seperti yang disampaikan saat kampanye. Selain masalah pendidikan dan kesehatan, penguatan sektor ekonomi riil di masyarakat juga akan jadi prioritas seperti bidang pertanian,  peternakan dan Kelautan.

“Saat kampanye kami sering dapat keluhan terkait kelangkaan pupuk. Ini yang harus segera dibereskan,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain