25.8 C
Situbondo
Kamis, September 29, 2022

Nyekar Makam Leluhur, Tradisi Pejabat Situbondo jelang Harjakasi

Situbondo- Hari ini Pemkab Situbondo menggelar peringatan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke 204. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah menjadi tradisi Harjakasi yaitu nyekar ke makam leluhur.

Ziarah ke makam leluhur pertama kali yaitu ke makam pahlawan nasional KHR. As’ad Syamsul Arifin, di pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo. Para pejabat melakukan tahlil dan doa bersama di kompleks pemakaman keluarga besar pondok pesantren Sukorejo di sebelah barat masjid jami’ ibrahimy.

Usai dari Sukorejo, rombongan pejabat melanjutkan ziarah ke  makam Ki Pateh Saleh, yang merupakan pembabat alas Situbondo di Kelurahan Patokan, Kecamatan Situbondo. Ziarah dilanjutkan ke makam Kiai Pate Alos serta makam kanjeng Raden Tumenggung Parawiro Adiningrat, adipati pertama Situbondo di Desa Bloro, Kecamatan Besuki.

BACA JUGA :  Kelompok Tani Diberi Bantuan Armada Angkut Roda Tiga

Menurut Bupati Situbondo Karna Suswandi, nyekar ke makam leluhur sudah menjadi tradisi menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Situbondo. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan nasional dan para pembabat tanah Situbondo.

“Ziarah makam ini kami lakukan sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan nasional, dan juga kepada para pendiri Situbondo serta ke makam mantan Bupati Situbondo,” ujarnya, Minggu, 14 Agustus 2022.

BACA JUGA :  Setiap Hari Puluhan Warga Padati Lokasi Paralayang di Jatibanteng

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,507PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles