Pasien Baru Covid-19 Kembali Bertambah, Satgas Berencana Berlakukan PPKM

0
97
bhasafm
CEGAH COVID-19-Petugas medis mengenakan APD (Alat Pelindung Diri) saat melakukan rapid antigen di pelabuhan bagi warga asal Madura (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Penyebaran pasien Covid-19  di Situbondo kembali mengkhawatirkan. Sehari, ada tambahan 25 pasien baru terkonfirmasi positif. Terbanyak pasien baru tersebut di Kecamatan Panji yaitu 11 orang.

Dengan adanya tambahan pasien baru tersebut, total pasien terpapar virus Corona yang masih menjalani perawatan menjadi 43 orang, terdiri dari 8 pasien di rawat di rumah sakit, 4 pasien dirawat di ruang observasi serta 31 pasien melakukan isolasi mandiri.

Sebelumnya, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, meminta jajaran Satgas baik ditingkat Kabupaten hingga Satgas Desa, untuk terus melakukan sosialisasi agar masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan.  Selain itu, Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu mengingatkan, agar masyarakat tidak bepergian keluar kota terlebih dahulu, terutama ke daerah zona merah penyebaran Covid-19.

BACA JUGA :  Permudah Pemantauan Pasien, Rumah Pasien Covid Isoman Diberi Stiker

“Saat ini pasien Covid sudah kembali meningkat dan tersebar di beberapa Kecamatan, padahal bulan sebelumnya pasien Covid di Situbondo sudah tidak ada,” ujarnya saat memimpin apel pengendalian Covid-19, beberapa waktu lalu.

Bung Karna menambahkan, berbagai langkah telah dilakukan Satgas mencegah penyebaran Covid-19 di Situbondo. Selain intensif melakukan sosialisasi prokes, Satgas telah melakukan penyekatan dengan ketat di sejumlah pelabuhan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 klaster Madura.

Menurut Bung Karna, Satgas akan memberlakukan PPKM atau Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, kalau jumlah pasien baru  masih terus meningkat.

“Satgas akan melakukan pencegahan salah satunya melalui pemberlakukan PPKM untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,” katanya.

Reporter: Zaini Zain