Pasien Baru Covid Terus Bertambah, Komisi IV DPRD Situbondo Minta Satgas Siapkan Tempat Isolasi

0
80
Ilustrasi

Situbondo- Komisi IV DPRD Situbondo meminta Satgas menyiapkan tempat isolasi pasien Covid-19, menyusul terus melonjaknya pasien baru. Ketersediaan ruang isolasi sangat diperlukan untuk pasien yang tak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah, terutama bagi pasien OTG atau Orang Dengan Tanpa gejala.

Menurut Ketua Komisi IV DPRD Situbondo, Rudi Apriawan, berdasarkan hasil monitoring Komisi IV, saat ini  semua ruang ICU rumah sakit yang disiapkan Satgas sudah penuh. Perlu langkah antisipasi agar kalau lonjakan pasien terus terjadi maka  fasilitas isolasi sudah tersedia.

“Sekarang kinerja Satgas sudah baik hanya perlu ditingkatkan. Selain rumah sakit ada beberapa puskesmas juga sudah disiapkan jadi tempat isolasi,” katanya, Minggu, 18 Juli 2021.

Rudi menambahkan, Satgas harus tetap mengoptimalkan hotel Sidomuncul 2 pasir putih sebagai tempat isolasi pasien Covid. Para pasien membutuhkan tempat yang nyaman dan fresh agar cepat sembuh. Selain tempat isolasi, keberadaan petugas pemulasaran jenazah harus secepatnya dicarikan solusi. Jangan sampai ada pasien tak tertangani karena kekurangan petugas.

BACA JUGA :  Dandim Ajak Pasien Isoman Pindah ke Tempat Isoter

“Saat ini memang sudah proses rekrutmen relawan pemulasaran jenazah. Sambil menunggu prosesnya Satgas harus mempersiapkan tenaga alternative. Saya dengar data terbaru ada 21 pasien meninggal” ujarnya.

Sementara itu, Data Satgas Covid-19  Situbondo menyebutkan, saat ini ada tambahan 102 pasien baru tersebar di 15 kecamatan. Sebaran terbesar di kecamatan Situbondo dan Panarukan masing-masing 18 pasien serta kecamatan Asembagus sebanyak 12 pasien.

Selain pasien positif, ada tambahan pasien meninggal sebanyak  21 pasien tersebar di delapan Kecamatan. Sebaran terbanyak di Kecamatan Situbondo, Panji dan Panarukan masing-masing empat pasien serta kecamatan Asembagus tiga pasien.

Saat ini, ada 748 pasien Covid aktif sedang menjalani perawatan medis, terdiri dari 92 pasien menjalani perawatan medis di rumah sakit, 653 pasien isolasi mandiri serta tiga pasien menjalani isolasi di gedung observasi yang disiapkan pemerintah.

Reporter: Zaini Zain