28.2 C
Situbondo
Rabu, Desember 8, 2021

Pasien Covid-19 di Situbondo Melonjak Naik, 90 Persen Kamar ICU Rumah Sakit Terisi Pasien

Situbondo- Terjadi lonjakan pasien Covid-19 tiga hari terakhir ini. Satgas mencatat ada lonjakan 72 pasien baru sejak Jumat hingga Minggu, 20 Juni 2021. Saat ini, kamar ICU dua rumah sakit rujukan di Situbondo sudah nyaris penuh.

Saat ini, ada 25 pasien Covid menjalani perawatan di rumah sakit. Dengan begitu, sebanyak 90 persen  ruangan kamar ICU di Rumah Sakit Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth terisi pasien Covid-19.

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, dari 72 pasien baru sebanyak 7 pasien meninggal dunia. Saat ini, masih ada 25 pasien sedang menjalani perawatan medis. Untuk Rumah Sakit Abdoer Rahem memiliki 16 ruangan dan sudah terpakai 87,5 persen. Sedangkan di rumah sakit Elizabeth sudah terpakai 94 persen dari 10 tempat kamar di ruang ICU.

“Sejak 18 hingga 20 Juni ada lonjakan 72 pasien baru di Situbondo dan tercatat 7 pasien meninggal,” kata Bupati Situbondo yang juga Ketua Satgas, Karna Suswandi, ditemui usai Rapat Koordinasi Evaluasi Penanganan COVID-19 di Pendopo Kabupaten Situbondo, Minggu, 20 Juni 2021.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menjelaskan,  Satgas sebelumnya telah menambah ruang ICU dan non ICU di dua rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Saat ini Satgas menyiapkan beberapa opsi mengantisipasi melonjaknya pasien Covid-19.

BACA JUGA :  Warga Mulai Resah Maraknya Pencurian, Semalam Lima Rumah Dibobol Kawanan Pencuri

Selain menambahkan ruangan ICU dan non ICU di rumah sakit Abdoer Rahem, Satgas juga menyiapkan dua rumah sakit milik pemerintah lainnya yaitu RSUD Besuki dan Asembagus menjadi alternatif rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19. Oleh karena itu, masyarakat diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan cara disiplin menerapkan 5M, yaitu selalu mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker, menjauhi kerumunan,  membatasi mobilitas.

BACA JUGA :  TNI AL Akan Bangun Pangkalan Kapal Selam di Situbondo

“Satgas juga menyiapkan opsi gedung serbaguna menjadi tempat isolasi bagi pasien mengingat tingkat kesembuhan pasien masih rendah,” terangnya

Data terbaru Satgas Covid-19 menyebutkan, Saat ini  jumlah total pasein Covid-19 di Situbondo mencapai 2.723 pasien, terdiri dari 2.391 pasien sembuh serta 211 pasien meninggal. Masih ada 121 pasien saat ini dalam perawatan medis, yaitu 25 pasien di rawat di rumah sakit, empat  pasien karantina di gedung observasi serta 92 pasien melakukan isolasi mandiri.

 Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,050PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles