PDAM Lakukan Inovasi Pakem Optimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

0
95
bhasafm
POTONG TUMPENG : Bupati Situbondo Karna Suswandi memotong tumpeng di acara Ultah PLN ke 30, Minggu, 28 Maret 2021 ( Foto : Zaini Zain )

Situbondo-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Baluran Situbondo, akan melakukan inovasi Pakem atau aktif, kreatif efektif, efisien dan memuaskan, sebagaimana perintah Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan Ny. Hj. Khoirani. untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

PDAM Situbondo telah menyiapkan sumberdaya air yang memadahi untuk kepuasan pelanggan yang terus bertambah. Saat ini, PDAM juga memberikan diskon 50 persen bagi pemasangan sambungan baru.

Menurut Direktur PDAM Situbondo, Asy’ari, saat ini ada 32 ribu pelanggan PDAM. Tahun ini, ditarget ada 1000 pelanggan baru dan hingga Maret ini sudah tercatat 450 pelanggan baru yang sudah terpasang.

“Dalam rangka ulang tahun PDAM ke-30, kami memberikan diskon 50 persen bagi pelanggan sambungan baru. Biasanya sambungan baru Rp. 1, 5 juta menjadi 750 ribu,” ujarnya di depan Bupati dan Wakil Bupati, di Kantor PDAM Situbondo, Minggu, 28 Maret 2021.

Asy’ari memastikan, tambahan pelanggan baru tidak akan mengurangi kualitas pelayanan. PDAM menyiapkan sumber air memadai untuk mensuplai air bersih kepada seluruh pelanggan.

BACA JUGA :  Capaian Vaksin di Situbondo Sudah 44 Persen Lebih

“Saat ini PDAM juga fokus mengembangkan perusahaan salah satunya akan memproduksi air minum dalam kemasan dan sudah masuk tahap pengajuan perijinan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, meminta PDAM terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Harus ada tindakan cepat dan tepat saat menerima keluhan dari pelanggan.

“Harus ada tindakan cepat saat menerima pengaduan, karena disitulah pelanggan sedang membutuhkan pelayanan,” ujarnya, saat memberikan arahan dalam acara ulang tahun PDAM ke 30.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan, sebagai perusahaan milik daerah, PDAM harus terus berkembang untuk menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sejauh ini konstribusi PDAM  sudah cukup bagus dan perlu terus ditingkatkan.

“Tahun ini PDAM menyetor PAD 270 juta. Sektor PAD memang harus terus dioptimalkan mengingat APBD Situbondo masih relatif kecil yaitu hanya Rp 1,8 triliun,” ujarnya.

Reporter : Zaini Zain