Pekan Seni Dan Ilmiah

0
77
Bhasafm
Suasana pagelaran seni dan ilmiah oleh rayon iksass Banyuwangi (foto: Tim Salaf)

Situbondo- Pengurus rayon iksass Banyuwangi mengadakan kegiatan pekan seni, dan ilmiah yang dilaksanakan di halaman kantor pusat pondok pesantren Sukorejo. Kegiatan ini diikuti oleh semua pengurus baik rayon maupun sub rayon, dan santri asal Banyuwangi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin rayon iksass Banyuwangi setiap tahun sekali. Namun pada pelaksanaannya ada panitia rayon ada panitia tiap sub rayon iksass Banyuwangi. Acara ini dihiasi dengan pembacaan ratib al haddad. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2020, mulai pukul 21.00 sampai dengan selesai.

BACA JUGA :  Beri Penghargaan Uang Tunai, Bupati Situbondo Puji Atlet Peraih Medali Saat PON XX Papua

Tema yang diangkat Gumelare Bumi Banyuwangi artinya bersatunya bumi Banyuwangi. Perlu diketahui bahwa iksass rayon Banyuwangi terdiri dari beberapa sub rayon. Sub gabsass, atau gabungan santri salafiyah syafi’iyah, terdiri dari santri asal Banyuwangi bagian selatan, dan Banteng atau Banyuwangi tengah. Forum komunikasi santri salafiyah syafi’iyah, santri asal kalipuro. Iswass, ikatan santri wongsorejo.

Fandi selaku pengurus rayon iksass Banyuwangi  mengungkapkan, bahwa tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan mindset mereka yang tidak tahu tentang sejarah suku yang ada di Banyuwangi, karena suku yang ada di Banyuwangi itu banyak, ada suku osing, suku jawa, dan suku madura.