Pelabuhan Jangkar Jadi Pelabuhan Nasional, Dapat Izin Layani Penyebrangan Menuju Indonesia Timur

0
68
bhasafm
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan dermaga gerak (movable bridge II) Pelabuhan Jangkar (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pelabuhan Jangkar akan segera menjadi pelabuhan nasional. Tak hanya melayani transportasi laut di dalam provinsi Jawa Timur, melainkan akan melayani rute antar provinsi yaitu akan dibuka penyebarangan menuju Indonesia timur.

Pelabuhan Jangkar akan melayani rute penyebrangan menuju pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Izin penyebrangan antar provinsi tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya, saat rapat koordinasi yang juga diikuti Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Jumat, 7 Januari 2022.

Bupati Situbondo Karna Suswandi, mengaku bersyukur karena usulan izin pelayaran Long Distance Ferry (LDF) mendapat respon cepat Gubernur Jatim dan Menteri Perhubungan. Dibukanya penyebrangan dari pelabuhan Jangkar menuju Indonesia timur akan membuat arus lalulintas penyebrangan lebih padat dan diharapkan akan mendongkrak perekonomian warga sekitar.

“Saya sangat bersyukur dibukanya izin penyebrangaan antar Provinsi dari pelabuhan Jangkar. Mudah-mudahan kepadatan arus lalulintas penyebrangan akan menjadi daya ungkit perekonomian,” terangnya, Senin, 10 Januari 2022.

Karna Suswandi menambahkan, ada beberapa pertimbangan dibukanya penyebrangan dari pelabuhan Jangkar menuju Indonesia Timur yaitu untuk efisiensi waktu. Angkutan barang yang akan menyebrang tak perlu lagi melewati hutan Baluran yang memakan waktu sekitar dua jam dari Situbondo menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Dengan  begitu, para sopir sudah bisa menghemat biaya dan waktu sekitar dua jam.

BACA JUGA :  Pembangunan Mushalla DPRD Situbondo Habiskan Anggaran Ratusan Juta

Karna Suswandi menambahkan, dibukanya izin penyebrangan menuju Indonesia Timur, tentu harus dilengkapi sarana dan prasana pendukung, salah satunya pelebaran jalan menuju pelabuhan. Tim teknis PUPR Provinsi sudah melakukan survey lapangan untuk pelebaran jalan. Selain itu, Pemkab Situbondo akan menyiapkan lahan parkir yang memadahi untuk kapasitas penyebrangan antara provinsi.

“Kami butuh dukungan Pemprov Jatim untuk pelebaran jalan. Alhamdulillah Bu Gubernur merespon cepat dan sudah menerjunkan tim teknis ke lapangan,” terangnya.

Seperti diketahui. Saat ini Pelabuhan Jangkar hanya melayani penyebrangan ke sejumlah pulau di Madura, seperti pulau Sapudi, Raas, Kalinget dan Kangean. Ada tiga kapal feri melayani rute penyeberangan ke pulau Madura, yaitu KMP Munggiyango Hulalo, KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika.

Reporter: Zaini Zain