Pelabuhan Jangkar Tambah Trip Penyebrangan Antisipasi Penumpukan Penumpang Saat Arus Mudik Lebaran

0
144
bhasafm
Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Situbondo, Tulus Praitmajdi (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Otoritas pengelola pelabuhan Jangkar akan menambah trip penyebrangan menuju sejumlah pulau di Sumenep Madura. Penambahan trip tersebut akan dimulai sejak H-7 atau tanggal 24 April mendatang, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang.

Selama ini kerap terjadi penumpukan penumpang di Pelabuhan Jangkar memasuki arus mudik lebaran. Umumnya, penumpukan penumpang itu berasal dari warga kepulauan di Madura yang hendak pulang kampung seperti pulau Raas dan Sapudi Sumenep.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Situbondo, Tulus Priatmadji, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan Jangkar saat arus mudik lebaran. Selain menyiapkan kapal feri untuk rute pulau Raas, Sapudi dan pelabuhan Kalianget, juga akan dilakukan penambahan trip penyebrangan.

BACA JUGA :  Jadi Pelabuhan Bertaraf Nasional, Komisi III DPRD Situbondo Nilai Pelabuhan Jangkar Potensi PAD

“Umumnya penumpukan penumpang selama ini berasal dari pulau Raas dan Sapudi yang bekerja di Bali dan beberapa Kabupaten di pulau Jawa,” ujarnya, Selasa, 19 April 2022.

Tulus menambahkan, untuk penambahan trip penyebrangan dari pelabuhan Jangkar akan dimulai 24 April 2022 mendatang.  Meski demikian, ia meminta warga kepulauan agar mudik lebih awal, karena biasanya penumpukan penumpang mulai terjadi sejak H-6 lebaran.

“Beberapa hari ini sudah mulai ada lonjakan penumpang terutama ke pulau Raas dan Sapudi,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain