Pelabuhan Legendaris di Situbondo Bisa Jadi Lokasi Terminal Petikemas

0
127
bhasafm
Suasana sore hari di dermaga pelabuhan Panarukan ramai aktifitas bongkar muat barang (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo mulai melakukan kajian rencana pembangunan terminal petikemas. Ada empat pelabuhan menjadi bahan kajian untuk dijadikan tempat angkutan barang melalui jalur laut, yaitu pelabuhan Panarukan, Jangkar, Besuki dan pelabuhan Kalbut.

Empat pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan legendaris di Situbondo. Nama pelabuhan Panarukan pernah menjadi pelabuhan besar jalur perdagangan antar negara sebelum Indonesia merdeka.  Untuk mematangkan rencana pembangunan petikemas tersebut, Pemkab telah melakukan rapat koordinasi bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panarukan, beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, rencana pembangunan terminal petikemas masih harus dilakukan kajian lebih matang termasuk penentuan lokasinya. Ada empat pelabuhan bisa jadi lokasi yaitu Jangkar, Kalbut, Panarukan dan Besuki.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Buka Muscab DPC PPP, DPW PPP Jatim Nilai Zeiniye Layak Dua Periode

“Ini baru masih rencana dan perlu kajian matang. Kita tak ingin membangun infrastruktur menelan biaya besar tapi setelah itu tidak bisa dimanfaatkan secara optimal,” katanya

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu mengakui, bahwa  dirinya pernah menyampaikan rencana pembangunan terminal petikemas itu melalui Dirjen Laut Kementerian Perhubungan dan Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).

“Pada sadarnya sudah disetujui. Mohon do’anya agar rencana tersebut bisa tercapai dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Situbondo,” ujarnya

Reporter: Zaini Zain