Pembukaan Evaluasi Massal 2020 MQ Tahfidzul Qur’an

0
448
BhasaFM
Pembukaan evaluasi massal 2020 Ma'hadul Qur'an Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo oleh Kabid Pendidikan Ustadz Drs. Mahmudi Badjuri, M.Pd.I. (foto..reporter dakwah)

Situbondo- Asrama MQ tahfidzul qur’an mengadakan kegiatan pembukaan evaluasi massal tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 06 Pebruari 2020 pukul 20.30 sampai dengan pukul 23.00 bertempatkan di Pendopo Asrama MQ Tahfidzul Qur’an.

Berkenan hadir pada acara ini, kabid pendidikan ustadz Ahmudi Badjuri bersama kabag bidang pendidikan Ustadz Abdul Azis Noer, Kepala Mq Tahfidzul Qur’an Ustadz Suwandi Sholeh bersama para pengajar. Alhamdulillah berkenan hadir juga dua menantu almarhum almaghfurlah Kh Muzakki Ridlwan, Lora Achmad Haris Khozin bersama Lora Mohammad Kholil Abdul Jalil. Ikut menyemarakkan acara ini seluruh santri MQ tahfidzul qur’an putra.

Ustadz Junaidi Al Hafidz menuturkan, bahwa ujian evaluasi massal MQ Tahfidz untuk tahun ini santri putra berjumlah 100 santri huffadz, untuk santri putri 100 santri huffadz juga. Kegiatan ujian evaluasi massal ini adalah kegiatan rutin setiap menghadapi kegiatan wisuda. Kalau dulu pada tahun 1998 ujian evaluasi massal di laksanakan di kediaman almarhum Kyai Haji Muzakki Ridlwan yang sekarang ditempati Lora Muhammad Kholil Abdul Jalil bersama Ning Afwah Maqbullah, diselesaikan 1 hari, ditunggui, diteliti oleh para santri sekitar 10 orang. Untuk ujian massal kali ini diuji oleh beberapa ustadz ustadzah, para pembina di MQ tahfidz bersama pengurus pesantren. Adapun pelaksana’annya dilaksanakan setiap hari Jum’at minimal membaca 5 juz dalam 1 kali tatap muka. Jika sempurna bacaan dan hafalannya akan mendapat nilai mumtaz,  jika hampir sempurna nilainya tahqiq, jika baca’an masih ada kesalahan baik tajwid, hafalan nilainya adalah maqbul.

Kabid pendidikan dalam sambutannya menyampaikan, ia berharap santri tahfidz ini selain hafal juga memahami dari setiap yang di baca. Sehingga lebih mudah untuk mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.