Pemeriksaan Kesehatan Diperketat Selama Operasi Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Jangkar

0
249
bhasafm
Kapolres Situbondo AKBP Achmad Imam Rifa’i bersama Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina mengecek kesiapan pengamanan di Pelabuhan Jangkar (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kapolres Situbondo AKBP Achmad Imam Rifa’i bersama Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Neggy Kuntagina,  mengecek kesiapan pengamanan natal dan tahun baru di pelabuhan penyeberangan Jangkar,  Rabu kemarin.

Menurut Kapolres AKBP Imam Rifa’i, selama operasi lilin pengamanan natal dan tahun baru, pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang yang akan masuk maupun keluar akan diperketat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Operasi natal dan tahun baru akan memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang sebagaimana  Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021,” katanya, Rabu, 22 Desember 2021.

Menurut Kapolres, pemeriksaan kesehatan bagi penumpang di pelabuhan akan fokus pada vaksinasi, rapid Antigen, scan aplikasi peduli lindungi, validasi terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) di pintu masuk dan pintu keluar.

BACA JUGA :  30 Tahun Warga Krisis Air Bersih, Pergantian Pemimpin Tak Pernah Ada Solusi

Kapolres juga meminta pihak pelabuhan menambah jumlah petugas kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan dokumen perjalanan di Posko, serta menambah ruangan pemeriksaan dan ruangan tunggu.

“Petugas kesehatan juga akan ditambah supaya tidak terjadi antrian yang menyebabkan kerumunan penumpang saat kedatangan maupun keberangkatan,”ujarnya.

Selain di pelabuhan, Kapolres juga mengaku akan mempeketat pengamanan di perbatasan Situbondo yakni di perbatasan Situbondo – Probolinggo, Situbondo – Bondowoso dan Situbondo – Banyuwangi. Pengendara yang melintas akan dilakukan pemeriksaan.

“Selain pelabuhan, perbatasan jalur darat juga diperketat. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19”, tuturnya.

Reporter: Zaini Zain