Pemerintah Mulai Lakukan Konsultasi Publik Rencana Pembangunan Jalan Tol Situbondo – Jember

0
107
bhasafm
Ilustrasi jalan tol (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Pemerintah pusat mulai melakukan konsultasi publik rencana pembangunan jalan tol Situbondo-Jember. Pembangunan tol sepanjang 65,11 kilometer ini diharapkan memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di tiga Kabupaten.

Konsultasi publik bertempat di Kantor Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan,  Selasa kemarin, dihadiri Direktorat pelaksanaan pembiayaan infrastruktur jalan dan jembatan, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan pada Kementerian PUPR.

Menurut Tenaga Ahli Lingkungan dari Konsultan Perencana, Jaya Dedy mengatakan, konsultasi publik ini merupakan tahapan penyusunan dokumen kelayakan rencana pembangunan jalan tol Situbondo-Jember.

“Ini tahap awal sebagai bahan penyusunan dokumen kelayakan pembangunan jalan tol dari Kabupaten Situbondo ke Kabupaten Jember  sepanjang sekitar 65, 11 kilometer,” terangnya kepada wartawan.

Dedy menambahkan, setelah konsultasi publik akan dilakukan penetapan lokasi proyek. Kelayakan lokasi mempertimbangkan lingkungan serta teknis keuangan. Menurutnya, setiap pembangunan pasti memiliki dampak lingkungan, dampak sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, penyusunan amdal pasti mempertimbangkan dampak tersebut.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Pimpin Rakor Persiapan Pengiriman Logistik Pilkades

“Itu sebabnya kami lakukan konsultasi publik ini. Dari sini kami bisa mendapatkan gambaran penyusunan amdal untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan nantinya,” ujarnya.

Dedy mengatakan bahwa pembangunan proyek jalan tol menggunakan skema kerjasama antara pemerintah dan badan usaha (KPBU).  Oleh karena itu, pelaksanaan proyek akan di lelang. Meski demikian, Dedy belum bisa memastikan dimulainya pembangunan jalan tol Situbondo-Jember.

“Setelah penyusunan dokumen selesai akan ditentukan penetapan lokasi. Untuk penetapan lokasi bisa dilakukan tahun ini, namun tahap pelaksanaannya masih belum bisa dipastikan. Yang pasti kami lakukan proses tahapannya dulu,” pungkasnya.

Sementara itu, Konsultasi rencana pembangunan jalan tol Situbondo-Jember melibatkan warga dari tiga desa, yaitu Desa Sumber Kolak, Kecamatan Panarukan, warga Desa Kotakan dan Kalibagor, Kecamatan Situbondo. Jalan tol Situbondo-Jember melintasi tiga Kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Jember.

Reporter: Zaini Zain