Pemerintah Pusat Tambah Bantuan Dana Desa di Situbondo Sebesar18 Miliar

0
171

Situbondo- Pemerintah pusat menambah bantuan Dana Desa (DD) di Kabupaten Situbondo. Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP), ada penambahan bantuan DD 2019 mendatang sebesar 18 Miliar.

Dengan demikian, jumlah bantuan DD yang akan diterima menjadi 133 Miliar lebih. Melalui penambahan bantuan ini, bantuan yang akan diterima 132 desa juga akan bertambah sekitar 130 jutaan setiap desa.

Tahun 2018 ini, bantuan DD yang diterima Kabupaten Situbondo 115 Miliar 130 juta lebih. Sedangkan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 89 Miliar. Selama 2018 setiap desa menerima bantuan ADD dan DD mulai 1,2 Miliar hingga 1,7 Miliar.

Menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Yogie Krispian sah, penambahan bantuan DD sudah menjadi program Pemerintah pusat. Yogie mengaku, penggunaan bantuan DD sudah di atur melalu Permendes Nomor 16 tahun 2018.

Oleh karena itu kata Yogie, Pemerintah Desa tak bisa sembarang menggunakan dana desa, karena ada program prioritas yang harus diperhatikan. Sesuai Permendes, program prioritas bantuan DD ada empat kegiatan, yaitu Pemberdayaan, Pembangunan, Pembinaan masyarakat dan Pemerintahan.