13 ASN Ikut Seleksi Jadi Tim Pengawas Perusda

0

Situbondo- Seleksi pengawas Perusahaan Daerah sudah dimulai, Jum’at pagi kemairn. Sebanyak 13 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti seleksi di ruang Baluran Pemkab Situbondo. Satu dari 13 ASN itu adalah Kabag Ekonomi Sentot Sugiyono.

Tugas pengawas tiga Perusda saat ini tentu sangatlah berat. Dari tiga Perusda tersebut hanya Perusda PDAM Tirta Baluran,  yang masih normal secara manajerial keuangan. Sedangkan dua Perusda lainnya yaitu Perusda Pasir Putih dan Perusda Banongan masih teseok-seok.

Sebanyak 13 ASN mengikuti tes Psikologi, melibatkan tim psikologi dari Malang. Saat ini, pengawas Perusda harus ada unsur ASN. 13 ASN tersebut hanya akan dipilih 3 orang saja.

Menurut Wakil Bupati Situbondo, Yoyok Mulyadi, saat ini memang ada perubahan regulasi tim pengawasan perusahaan milik daerah. Jika sebelumnya semuanya berasal dari masyarakat atau non ASN, kali ini harus ada satu orang pengawas dari unsur ASN.

BACA JUGA :  12 Janda Terjaring Jadi PSK di Warung Remang-Remang

Yoyok menambahkan, masuknya ASN menjadi tim pengawas tentu akan lebih efektif dan efisien. Jika pengawas Perusda dari unsur ASN melakukan pelanggaran akan lebih mudah memberikan sanksi.

Yoyok mengaku, berat dan ringannya sanksi yang akan diberikan nanti pasti bergantung pada kesalahan yang dilakukannya. Sesuai ketentuan sanksi itu bisa berupa teguran, sanksi ringan hingga sanksi berat.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemkab Situbondo, Sentot Sugiyono mengaku,  dirinya mendaftar menjadi tim pengawas untuk Perusda Banongan, karena merasa terpanggil untuk ikut memperbaiki Perusda Banongan yang selama ini terpuruk.

Sentot mengaku memiliki pengalaman di bidang pertanian, sedangkan Perusda Banongan bergerak di bidang usaha perkebunan. Sentot menyatakan siap membantu Direktur Perusda Banongan secara optimal jika kelak terpilih jadi tim pengawas.