257 Calon Kepala Desa Dipastikan Akan Tumbang

0
BhasaFM
Deklrasi Pilkades damai 372 Calon Kepala Desa di Situbondo di laun-alun Situbondo, 11 Oktober 2019 ( Foto : Zaini Zain)

Situbondo- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di 115 Desa se Situbondo, sudah memasuki hari tenang sejak kemarin. Ada 372 Calon Kepala Desa akan bersaing menjadi Kepala Desa. Dengan demikian, akan ada 257 Calon akan tumbang.

        Selama masa tenang sejak 18 hingga 22 Oktober 2019, tidak boleh ada lagi aktifitas kampanye pasangan calon, termasuk simulasi pilkades e-voting yang beberapa hari lalu gencar dilaksanakan   Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo.

        Menurut Kepala Bidang Bina Desa, Yogie Krispiyan Sah, secara umum tidak ada kendala selama proses simulasi e-voting. Hanya saja, banyak pemilih lanjut usia (Lansia) ketakutan saat melakukan verifikasi sidik jari.

BACA JUGA :  Pedagang Senang Pemkab Kembali Buka CFD

Proses pemilihan e-voting diawali dengan menempelkan e- KTP. Selanjutnya  dilakukan verifikasi sidik jari untuk memastikan akurasi data pemilih. Simulasi dilakukan di setiap dusun se Kecamatan Kendit, sekaligus akan menjadi percontohan pilkades e-voting pada tahun-tahun berikutnya.

Yogie mengaku, Lima desa yang akan melangsung Pilkades e-voting, masing-masing Desa Klatakan, Desa Desa Bugemen, Desa Rajekwesi, Desa Balung dan Desa Kukusan.