288 Calon Panwaslu Kecamatan Mengikuti Tes Tulis Online

0
BhasaFM
Ketua Bawaslu Situbondo, Murtapik sedang memantau pelaksanaan tes tulis online calon anggota Panwaslu Kecamatan (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 288 Calon Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) mengikuti tes tulis online, Jum’at kemarin.  Tes tulis yang berlangsung di SMKN 1 Panji dilaksanakan tiga kali sesi mengingat banyaknya jumlah pendaftar.

Setelah mengikuti tes tulis, ratusan calon anggota Panwaslu Kecamatan, akan mengikuti tes wawancara dari tanggal 14 sampai 17 Desember. Bawaslu Kabupaten akan mengumumkan 51 pendaftar dengan nilai tertinggi yang akan dinyatakan lulus menjadi anggota Panwaslu Kecamatan. Dengan demikian, akan ada 237 pendaftar dipastikan akan gagal.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo, Murtapik, sebanyak 288 pendaftar mengikuti tes tulis online dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi pertama pagi hari, sesi kedua siang hari dan sesi ketiga sore hari.

BACA JUGA :  Menyambut Hari Jadi Anggota Polwan Berbagi Rejeki

Pria yang akrab dipanggil Lopa itu mengaku, rekrutmen anggota Panwaslu Kecamatan merupakan tahapan pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung 23 September 2020 mendatang.

Lopa menambahkan, anggota Panwaslu Kecamatan yang lulus tes tulis dan tes wawancara akan diumumkan antara tanggal 18 dan 19 Desember. Selanjutnya akan dilakukan pelantikan 23 Desember mendatang. Sejak dilantik itulah para anggota Panwaslu mulai bekerja.

Lebih jauh Lopa mengatakan, Setiap pendaftar di masing-masing Kecamatan akan diambil sebanyak tiga orang. Penentuan kelulusan anggota Panwaslu Kecamatan akan ditentukan hasil nilai tes tulis dan tes wawancara. Selain itu, pengalaman menjadi penyelenggara pemilu juga akan menjadi pertimbangan.