296 Pelamar PPPK Tinggal Nunggu Pengumuman Kelulusan

0
BhasaFM
Peserta PPPK saat mengikuti tes CAT di SMK Negeri 1 Panji (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Ratusan pelamar PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, hanya tinggal menunggu pengumuman kelulusan. karena sudah tidak ada lagi tes seleksi. Usai mengikuti tes Sabtu kemarin, para pelamar sudah  langsung mengetahui nilainya.

Para pelamar mengikuti tes menggunakan sistem Computer Asissted Tes (CAT). Semua nilai hasil tes sudah langsung terkoneksi dengan panitia seleksi nasional. Sesuai keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, bahwa ambang batas jumlah nilai seleksi sosio kultural, manajerial, dan tes teknis yaitu minimal 65. Sedangkan nilai tes wawanacara berbasis komputer minimal 15.

Menurut Kasubid Formasi dan Kepegawaian, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Situbondo, Echwan Darwianto Sucipto, pihaknya baru bisa mengumumkan kelulusan, setelah laman pengumuman kelulusan bisa diakses, kemudian mendapat personal identification number atau PIN dari Pemerintah pusat.

Echwan mengaku, ada 297 pelamar lulus seleksi verifikasi. Namun hanya 296 mengikuti tes CAT. Satu orang peserta tidak hadir tanpa alasan yan jelas.

Menurutnya, kuota Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Situbondo cukup besar yaitu 404 orang. Sedangkan yang mendaftar dan mengikuti tes hanya 296. Rinciannya, kuota untuk guru honorer K2 sebanyak 367 orang, sedangkan 67 orang lagi untuk kuota tenaga penyuluh pertanian.