372 Calon Kepala Desa Deklarasi Damai dan Anti Politik Uang

0
BhasaFM
Deklarasi Pilkades damai 372 Calon Kepala Desa di Situbondo di alun-alun Situbondo, 11 Oktober 2019 (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Menjelang pelaksanaan Pilkades 23 Oktober mendatang,  sebanyak 372 Calon Kepala Desa mengikuti deklarasi damai dan anti politik uang, di alun-alun Situbondo, Jum’at pagi kemarin. Deklarasi dihadiri panitia Pilkades serta pejabat Forkopimda.

Ada lima poin deklarasi Pilkades damai dan anti politik uang, diantaranya berisi semua calon kades berjanji akan mewujudkan pilkades yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Para calon Kades menyatakan siap melaksanakan seluruh tahapan pilkades secara aman, tertib, damai  dan berintegrasi tanpa hoaks dan tanpa politisasi sara dan antipolitik uang.

Para calon kades juga mendeklarasikan akan mematuhi ketentuan hukum, serta mendukung upaya-upaya penegakan hukum, mengendalikan pendukung dan simpatisan, serta menjunjung tinggi nilai demokrasi dan kejujuran dengan penuh kesadaran, untuk menerima hasil penghitungan suara.

BACA JUGA :  Merasa Nasibnya Digantung, Tenaga PPPK Penyuluh Pertanian Menemui DPRD Situbondo

Deklarasi Pilkades damai dan anti politik uang, juga ditandai dengan pendandatangan oleh perwakilan calon kepala desa di depan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto.

Menurut  Dadang Wigiarto, Pilkades akan berlangsung serentak 23 Oktober mendatang. Para calon kepala desa harus ikut menjaga pelaksanaan Pilkades agar berjalan damai tanpa politik uang, tanpa intimidasi baik fisik maupun psikis.  

Dadang menambahkan, para calon kepala desa harus memikirkan kepentingan lebih besar  agar bersaing secara sehat. Biasanya kata Dadang, potensi konflik akan  mencuat jika ditengarai adanya kecurangan. Oleh karena itu, Dadang meminta masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nuraninya.