40 Pemuda Situbondo Lulus Uji Kompetensi BNSP Bidang Tour Guide dan Chef

0
BhasaFM
Pamer masakan, Chef muda Situbondo lulus uji Kompetensi BNSP (3/10) (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Sebanyak 40 anak muda Situbondo, sudah selesai mengikuti pelatihan sebagai pemandu wisata atau Tour Guide dan Beverage and Food atau Chef. Mereka mengikuti diklat keahlian sejak 13 September lalu  di Kota Malang.

40 anak muda ini dipersiapkan menyambut kunjungan wisata 2019 mendatang. Bagi yang mengikuti diklat chef, mereka langsung demo memasak di pendopo Kabupaten Situbondo, Rabu (3/10) kemarin. Para chef muda itu memamerkan beberapa masakan kepada Bupati Dadang Wigiarto.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Situbondo, Junaidi mengatakan, 40 anak muda itu mengikuti pelatihan di balai pelatihan kerja di Singosari malang. Mereka dibimbing tenaga professional di bidangnya.

Junaidi mengaku, usai mengikuti pelatihan, 40 pemuda itu juga sudah mengikuti uji kompetensi. Mereka  sudah dinyatakan lulus Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Junaidi menambahkan, untuk peserta pemandu wisata akan mendapatkan lisensi dari handphone tentang kumpulan pariwisata Indonesia.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengaku bangga karena 40 pemuda sudah lulus uji kopetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Dengan demikian, pelatihan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja telah mendidik mereka menjadi terampil dan ahli.

Selanjutnya kata Bupati, 40 pemuda itu dikembalikan ke masyarakat agar mereka bisa berkiprah. Yang pasti kata Dadang, masalah pariwisata bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan butuh partisipasi masyarakat.