Ada 1.500 Lowongan Pekerjaan Tersedia di Job Fair Marketing

0
BhasaFM
Wakil Bupati Situbondo saat memantau lokasi job fair market di GOR baluran Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Situbondo, kembali menggelar job fair marketing. Bursa kerja ini akan berlangsung selama dua hari sejak Rabu hingga Kamis hari ini di GOR Baluran Situbondo.

Bursa kerja membuka peluang pekerjaan cukup besar bagi pencari kerja.  Dari 46 perusahaan yang mengikuti job fair tersedia 1.500 lowongan pekerjaan. 46 perusahaan yang mengikuti job fair marketing, sebanyak 33 merupakan perusahaan lokal dan 13 perusahaan asal luar daerah.

Wakil Bupati Yoyok Mulyadi, yang membuka acara job fair marketing mengaku, bahwa kegiatan semacam ini sangat bagus karena terbukti dapat mengurangi angka pengangguran di Situbondo.

BACA JUGA :  Naik Sepeda Blusukan Bagikan Masker, Gubernur Jawa Timur Dorong UMKM Segera Bangkit

Menurut Yoyok, setiap tahunnya angka pengangguran terbuka di Situbondo terus menurun. Pada tahun 2016 angka pengangguran masih mencapai 3,8 persen. Saat ini berkurang menjadi 1,8 persen.

Yoyok menambahkan, selain terjadi penurunan angka pengangguran terbuka, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) mencapai 71,8 persen. Dengan demikian, mereka yang sudah bekerja lebih dari 70 persen dari angka pengangguran yang ada.

Yoyok mengatakan, pemerintah terus menggalakan berbagai kegiatan pelatihan keterambilan, untuk mengurangi tingkat pengangguran. Hasilnya  mulai terlihat. Saat ini Kabupaten Situbondo menjadi daerah yang memiliki angka pengangguran terendah ketiga  di Jawa Timur.