Ada 713 Koperasi di Situbondo Berbadan Hukum

0

Situbondo– Jumlah Koperasi di Situbondo ternyata cukup besar. Sesuai data Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, saat ini  jumlahnya mencapai 713 koperasi.

Sebagian koperasi menjalankan usaha simpan pinjam, sebagian lagi bergerak di bidang serba usaha. Dinas Koperasi dan UMKM menyiapkan enam orang tenaga khusus melakukan pendampingan di lapangan.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Situbondo, Sugiyono, pihaknya hanya melakukan pengawasan bagi koperasi yang sudah terdaftar dan berbadan hukum. Jumlanya sebanyak  713 koperasi.

Sugiyono mengaku, sejauh ini dirinya belum mendengar ada koperasi rentenir. Koperasi yang bergerak di bidang simpan pinjam, bunga jasa keuangannya pasti ditetapkan melalui RTA atau Rapat Tahunan Anggota.

BACA JUGA :  279 Guru Garis Depan Diambil Sumpah dan Janji, Hanya 6 Orang Berasal Dari Situbondo

Sugiyono menambahkan, pihaknya meminta masyarakat melapor, jika ada koperasi menjalankan usaha simpan pinjam memberatkan anggota maupun masyarakat. Bisa jadi kata Sugiyono, simpan pinjam rentenir yang selama berkembang di masyarakat adalah usaha perorangan bukan milik koperasi.

Lebih jauh Sugiyono mengatakan, Dinas Koperasi dan UMKM Situbondo, memiliki enam tenaga khusus melakukan pendampingan seluruh koperasi. Enam tenaga ahli tersebut diperbantukan Pemerintah pusat, untuk melakukan penguatan koperasi terutama di bidang managerial.