Ada Anggaran Siluman, Forum Koordinasi BPD Protes Program KIM Akan Bebani APBDes

0
BhasaFM
Zainullah Ketua Forum Koordinasi BPD Kecamatan Kapongan (Foto: Zaini Zain)

Situbondo– Forum Koordinasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Kapongan, memprotes munculnya anggaran siluman di Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2018. Pasalnya, anggaran tersebut terkesan dipaksakan padahal tak masuk dalam perencanaan.

Belakangan diketahui, anggaran siluman di APBD tersebut untuk program KIM atau Kelompok Informasi Masyarakat. Anggaran KIM ini dinilai akan membebani keuangan desa, karena tak pernah ada sebelumnya dalam pembahasan.

Menurut Ketua Forum Koordinasi BPD Kecamatan Kapongan, Zainullah, munculnya anggaran KIM di APBDes terbilang aneh, karena program KIM tak pernah dibentuk oleh Desa. Anggaran KIM ini akan merusak system pengelolaan keuangan Desa, karena terkesan dipaksakan meski tak pernah ada dalam perencanaan.

Zainullah mengaku, anggaran siluman program KIM itu memang tidak besar. di Desa Kesambirampak, Kecamatan Kapongan dianggarkan hanya sekitar 2 jutaan. Meski demikian lanjut Zainullah, penganggaran program KIM tersebut perlu dipertanyakan dasar hukumnya dan asas manfaatnya.

Lebih jauh Zainullah mengatakan, kalau program KIM memang sangat diperlukan untuk mempromosikan desa, lebih baik dianggarkan melalui APBD Kabupaten.

Data yang diterima Bhasa menyebutkan. Anggaran siluman program KIM ini kabarnya juga diharuskan bagi Desa-desa yang lain. Konon anggaran ini muncul setelah adanya surat dari Dinas Kominfo  dan Persandian Pemkab Situbondo, untuk mengalokasikan Dana Desa untuk program KIM.