Ajukan Raperda Komisi I DPRD Situbondo Perjuangkan Insentif Ketua RT dan RW

0
BhasaFM
Abdur Rahman SH, Ketua Komisi I DPRD Situbondo (foto: Zaini Zain)

Situbondo- Komisi I DPRD Situbondo mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), tentang Pembentukan RT dan RW. Pengajuan Raperda inisiatif tersebut untuk memperjuangkan pemberian insentif Ketua RT dan Ketua RW.

Selama ini Ketua RT dan Ketua RW tak bisa menerima insentif melalui anggaran rutin, karena tak memiliki payung hukumnya mengingat Ketua RT dan RW tidak masuk dalam perangkat desa. Raperda pembentukan RT dan RW tersebut akan mengatur secara khusus kesejahteraan Ketua RT dan RW.

Ketua Komisi DPRD Situbondo, Abdur Rahman SH, mengatakan, pihaknya sedang memperjuangkan kesejahteraan Ketua RT dan RW. Oleh karena itu Komisi I yang membidangi masalah hukum dan Pemerintahan mengajukan Raperda inisiatif.

Menurut Abdur Rahman, saat ini pihaknya masih melakukan kajian regulasinya, agar dalam Raperda tersebut secara tegas diatur tentang anggaran kesejahteraan yang layak bagi Ketua RT dan RW. Kemungkinan anggaran masuk dalam nomenklatur Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) atau bersumber dari keuangan lainnya yang sah.

BACA JUGA :  Polres Kukuhkan Satgas Anti Judi di Depan Para Calon Kepala Desa

Abdur Rahman mengaku, sudah selayaknya Ketua RT dan RW mendapatkan insentif, mengingat tugas mereka cukup berat. Saat ini Pemerintah baru mengatur pemberian insentif perangkat desa, sedangkan Ketua RT dan RW  termasuk LDK atau Lembaga Kemasyarakatan Desa.

Lebih jauh Politisi PPP asal Jangkar itu menegaskan, Raperda pembentukan RT dan RW diharapkan sudah rampung sebelum akhir masa jabatan anggota DPRD periode 20014-2019. Selain itu, Raperda juga mengatur tentang pembentukan Ketua RT dan Ketua RW.